Teologi Kerja Modern dan Etos Kerja Kristiani | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Teologi Kerja Modern dan Etos Kerja Kristiani


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pekerjaan/Karier

Judul buku : Teologi Kerja Modern dan Etos Kerja Kristiani
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Jansen Sinamo dan Eben Ezer Siadari
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Institut Darma Mahardika, Jakarta 2011
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 349 halaman
ISBN : 978-979-96804-5-7
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Kiriman Kontributor

Sebagai umat pilihan Tuhan, kita diharapkan memiliki etos kerja yang lebih baik daripada orang-orang dunia. Umat percaya seharusnya dapat mengintegrasikan imannya ke dalam dunia kerjanya. Untuk itu, kita membutuhkan pemahaman teologis yang tepat, sehingga kita dapat membangun Kerajaan Allah di bumi. Pertanyaannya, seperti apakah etos kerja kristiani itu? Penjelasan tentang teologi kerja dan etos kerja kristiani dapat dibaca dalam buku karangan Jansen Sinamo. Jansen Sinamo yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang unik (alumni Fakultas Fisika ITB, dosen etika Kristen ITB, bekerja di pertambangan, menjadi instruktur pengembangan diri, serta pembicara dan pengajar etos kerja di berbagai seminar umum maupun gereja), lebih dikenal sebagai Guru Etos Indonesia karena dia memelopori seminar etos kerja sejak 2 dasawarsa yang lalu. Buku ini adalah bukunya yang ke-9.

Buku ini barangkali merupakan buku pertama yang membahas tentang teologi kerja dan etos kerja kristiani di Indonesia. Sekalipun beberapa penjelasan terkesan tumpang tindih, buku ini sangat menarik karena menghimpun berbagai sumber yang dikutip, diringkas, maupun diolah untuk memperkuat idenya. Penulis berhasil meramu ilustrasi-ilustrasi dari tokoh-tokoh Alkitab dan dunia modern, baik dari Indonesia maupun luar negeri, serta mengaitkannya dengan kebenaran firman Allah. Buku ini dibagi ke dalam 2 bagian dan 1 bab penghubung yang menjembatani keduanya. Bagian pertama membahas tentang Teologi Kerja (Modern) Kristiani. Bagian ini mencakup perlunya berteologi kerja, memahami Allah sebagai Pekerja Agung, hubungan doa dan kerja, serta bekerja dalam kerangka Perjanjian Agung dan Kerajaan Allah. Dengan membaca bagian pertama, kita akan semakin diyakinkan bahwa apa pun pekerjaan kita, Allah rindu menjadikan kita sebagai mitra kerjanya untuk memberitakan Kerajaan Allah. Sebagai penghubung bagian 1 dan bagian 2, Rumpang Jeda menyajikan sekumpulan fakta unik tentang dunia kerja dewasa ini. Etos Kerja Kristiani menjadi topik yang dibahas dalam bagian ke-2, yang terdiri atas 8 bab, masing-masing bab menguraikan satu etos kerja yang harus dimiliki pekerja kristiani. Setiap bab memiliki judul, semboyan, dan ayat Alkitab yang melandasi etos kerja yang dijelaskannya. Setiap etos dikupas tuntas, diawali dengan sebuah ilustrasi pengantar, diikuti oleh referensi ayat-ayat dan inspirasi dari kisah hidup para tokoh Alkitab yang ditelaah secara cermat, diperjelas dengan karya tokoh-tokoh masa kini (pengerja gereja maupun profesi, dalam maupun luar negeri), dan diakhiri dengan hal-hal penting sebagai aplikasi. Terkadang, beberapa kidung pujian dikutip untuk menunjukkan relevansinya terhadap materi yang disampaikan.

Salah satu keunggulan buku ini adalah banyaknya sumber yang diakses penulis selama proses penyusunannya. Bahan-bahan di dalam buku-buku lamanya -- yang lebih berkonteks umum -- tidak serta merta dicantumkan, melainkan disesuaikan dan diperdalam lewat perenungan alkitabiah. Selain itu, karena buku ini mencantumkan banyak bahan dari berbagai sumber, penulis menunjukkan referensi itu dengan jelas dalam catatan kaki pada halaman-halaman yang memuat kutipan, dan daftar pustaka (buku, media cetak, dan internet), serta indeks nama diri yang dicantumkan di bagian akhir. Yang disayangkan dari buku ini adalah adanya beberapa kesalahan format yang cukup mengganggu alur membaca.

Secara umum, buku ini penting dibaca bagi semua umat kristiani yang rindu dipakai Tuhan dalam setiap pekerjaan mereka, baik itu sebagai pengerja gereja, wirausaha, karyawan, pekerja profesional, pekerja informal, bahkan mahasiswa dan pelajar. Dengan menghayati pekerjaan kita di dunia dalam terang Kristus, umat Tuhan akan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk menjadi berkat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah di mana pun mereka berada.

Peresensi: Mahardhika Dicky K.

Komentar