Artikel | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Artikel


Likuefaksi atau Likuifaksi? Gempa dan Perdebatan Bahasa di Era SEO

Kategori: Artikel

Antonius Galih Rudianto

Gambar: Likuifaksi

Gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) petang hingga kini telah merenggut 1.948 jiwa. selengkapnya...»


Membaca Bikin Kita Lebih Kreatif

Kategori: Artikel

Gambar: Kemerdekaan Literasi

Dalam kehidupan sehari-hari, sekarang ini menonton film, televisi, main game, lebih menjadi gaya hidup daripada membaca. Namun mereka yang meluangkan waktu untuk membaca banyak buku masih memberikan pengalamannya bagi orang lain betapa keuntungan yang diperoleh sangat banyak dengan membaca buku. Banyak manfaat lain yang diperoleh dari sekadar pengetahuan yang didapat dengan membaca. Apa sajakah manfaat membaca yang lain? Mari kita simak seperti yang dimuat di Lifemojo. selengkapnya...»


Memperjuangkan Kemerdekaan Literasi

Kategori: Artikel

Gambar: Kemerdekaan Literasi

Bangsa Indonesia sudah memulai kemerdekaannya dengan cara yang heroik dengan tenaga, darah, dan air mata. Kemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan mudah, dengan caranya sendiri. selengkapnya...»


Semua Angka Punya Makna

Kategori: Artikel

Penulis: Emshol

ISBN

Pernahkah Anda memperhatikan, International Standard Book Number (ISBN) buku yang Anda baca? Kalau Anda tidak bekerja di perpustakaan, penerbit, atau tidak pernah berurusan dengan ISBN, deretan nomor itu seperti tak bermakna. Padahal bagi penerbit, nomor ini sama pentingnya dengan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Biasanya, nomor ini ditulis kecil di tempat yang jarang dilihat pembaca. Di bagian bawah sampul belakang atau di balik halaman judul, misalnya. Setiap buku di dunia memiliki nomor ISBN berbeda. selengkapnya...»


Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?

Kategori: Artikel

Minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak, masih sangat rendah. Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca. selengkapnya...»


Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Kategori: Artikel

Anak-anak masa kini lebih menyukai menonton televisi dan bermain game. Ditambah pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar, mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. selengkapnya...»


Lima Penyebab Kurangnya Minat Baca di Indonesia

Kategori: Artikel

Sering kita mendengar istilah membaca adalah jendela dunia; dengan membaca, kita bisa seakan-akan “berkeliling dunia”. Artinya, berkeliling dunia dalam tanda kutip, karena memang raga kita tidak sungguh-sungguh pergi berjalan-jalan keliling dunia, melainkan jiwa, pikiran, dan imajinasi kita yang melalang buana keliling dunia. selengkapnya...»


Pentingnya Meningkatkan Minat Baca di Antara Kita

Kategori: Artikel

Minat baca seseorang mempunyai pengaruh yang besar terhadap kebiasan membaca. Sebab, apabila seseorang membaca tanpa mempunyai kemauan membaca yang tinggi, orang tersebut tidak akan membaca dengan serius dan sepenuh hati. Apabila seseorang membaca atas kemauan atau kehendaknya sendiri, orang tersebut akan membaca dengan sepenuh hati. selengkapnya...»


Membaca Buku Lintas Ruang dan Waktu

Kategori: Artikel

JIKA masyarakat Indonesia disuruh memilih, lebih suka mana antara membaca buku, menonton televisi, mendengarkan musik, atau bermain telepon cerdas (smartphone)? Pilihan paling minim tentu: membaca buku. Jarang kita melihat kebiasaan orang-orang membaca buku di tempat-tempat umum. Budaya baca masih kalah dengan budaya lisan yang cukup dominan. Saat di kerumunan sosial, orang-orang berbincang hal-hal yang sedang viral, seputar politik, pemilu, gosip artis, atau sepak bola. selengkapnya...»


Lima Alasan Mengapa Alkitab Adalah Buku yang Paling Penting di Dunia

Kategori: Artikel

Alkitab adalah satu-satunya buku yang paling penting yang pernah ditulis. Alkitab adalah saksi dari peristiwa bersejarah, seperti betapa luar biasanya pembuatan dunia yang kita tinggali saat ini. Tanpa buku ini, dunia Barat dan Timur akan sangat berbeda saat ini jika kejadian yang ada dalam Buku ini tidak pernah terjadi. selengkapnya...»

Komentar