Artikel | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Artikel


Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Kategori: Artikel

Anak-anak masa kini lebih menyukai menonton televisi dan bermain game. Ditambah pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar, mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. selengkapnya...»


Lima Penyebab Kurangnya Minat Baca di Indonesia

Kategori: Artikel

Sering kita mendengar istilah membaca adalah jendela dunia; dengan membaca, kita bisa seakan-akan “berkeliling dunia”. Artinya, berkeliling dunia dalam tanda kutip, karena memang raga kita tidak sungguh-sungguh pergi berjalan-jalan keliling dunia, melainkan jiwa, pikiran, dan imajinasi kita yang melalang buana keliling dunia. selengkapnya...»


Pentingnya Meningkatkan Minat Baca di Antara Kita

Kategori: Artikel

Minat baca seseorang mempunyai pengaruh yang besar terhadap kebiasan membaca. Sebab, apabila seseorang membaca tanpa mempunyai kemauan membaca yang tinggi, orang tersebut tidak akan membaca dengan serius dan sepenuh hati. Apabila seseorang membaca atas kemauan atau kehendaknya sendiri, orang tersebut akan membaca dengan sepenuh hati. selengkapnya...»


Membaca Buku Lintas Ruang dan Waktu

Kategori: Artikel

JIKA masyarakat Indonesia disuruh memilih, lebih suka mana antara membaca buku, menonton televisi, mendengarkan musik, atau bermain telepon cerdas (smartphone)? Pilihan paling minim tentu: membaca buku. Jarang kita melihat kebiasaan orang-orang membaca buku di tempat-tempat umum. Budaya baca masih kalah dengan budaya lisan yang cukup dominan. Saat di kerumunan sosial, orang-orang berbincang hal-hal yang sedang viral, seputar politik, pemilu, gosip artis, atau sepak bola. selengkapnya...»


Lima Alasan Mengapa Alkitab Adalah Buku yang Paling Penting di Dunia

Kategori: Artikel

Alkitab adalah satu-satunya buku yang paling penting yang pernah ditulis. Alkitab adalah saksi dari peristiwa bersejarah, seperti betapa luar biasanya pembuatan dunia yang kita tinggali saat ini. Tanpa buku ini, dunia Barat dan Timur akan sangat berbeda saat ini jika kejadian yang ada dalam Buku ini tidak pernah terjadi. selengkapnya...»


Orang Kristen Cinta Baca?

Kategori: Artikel, Kesaksian Pembaca, Pelayanan Anak

Dua orang sedang bercakap-cakap.

A: “Anda suka baca buku?”
B: “Tentu …. Saya selalu membaca tiap hari, bahkan tiap saat saya ada waktu luang!”
A: “Luar biasa. Buku apa yang Anda baca?”
B: “Facebook.”


selengkapnya...»


Meski Hidup pada Era Digital, Jangan Tinggalkan Kebiasaan Membaca Buku

Kategori: Artikel

Saat malam menjelang atau kala akhir pekan datang, masih adakah di antara kita yang masih rajin membaca buku? Di tengah “ledakan” teknologi ketika berbagai produk telah dikemas menjadi bentuk digital, termasuk buku yang tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, kebiasaan membaca buku konvensional tetap harus dipelihara, apa pasal? selengkapnya...»


Kiat Membaca Cepat

Kategori: Artikel, Kiat-kiat

Masih Ingatkah saat mata pelajaran Bahasa Indonesia kita sering diminta guru untuk membaca cepat bahkan terkadang menggunakan timer untuk menghitungnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengukur kemampuan membaca yang kita miliki, kemampuan membaca cepat ini penting loh terutama untuk mengetahui kemampuan menyerap informasi lewat bacaan secara cepat dan akurat. Semakin seseorang membaca cepat, semakin banyak informasi yang diserap otak kita. Kemampuan membaca cepat berkaitan juga dengan tingkat intelektual seseorang. selengkapnya...»


Mengapa Membaca itu Penting

Kategori: Artikel, Umum

Ingat waktu pertama kali kita belajar di sekolah? Hal pertama yang diajarkan guru kita adalah belajar membaca. Berbagai upaya dilakukan agar kita suka membaca. Ternyata, membaca itu memang memiliki banyak keuntungan lho... selengkapnya...»


Menentukan Target Menulis

Kategori: Artikel, Kiat-kiat, Penulis

Banyak orang awalnya tidak pernah berpikir untuk menekuni dunia menulis, tetapi pada akhirnya, karena suatu keadaan, "memaksa" dirinya harus bisa menulis. Misalnya, karena tuntutan tugas dan pekerjaan, peningkatan jenjang karir, ekonomi, dan lain sebagainya. Beberapa di antaranya berhasil langsung melewati fase tersebut dengan target yang ditetapkan. Namun, beberapa lainnya harus berjuang keras untuk menyelesaikannya dengan berbagai kendala. Akan tetapi, banyak juga yang akhirnya malah benar-benar bisa menjadi penulis profesional, lho! selengkapnya...»

Komentar