Mengapa Membaca itu Penting | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mengapa Membaca itu Penting


Kategori: Artikel, Umum

Ingat waktu pertama kali kita belajar di sekolah? Hal pertama yang diajarkan guru kita adalah belajar membaca. Berbagai upaya dilakukan agar kita suka membaca. Ternyata, membaca itu memang memiliki banyak keuntungan lho...

Pertama

(Membaca) membuka wawasan kita tentang banyak hal. Sesuai dengan istilahnya bahwa membaca sama artinya dengan membuka jendela dunia. Kita bisa tahu berbagai informasi dengan membaca, apalagi saat ini teknologi semakin berkembang, kita bisa membaca melalui buku digital hanya cukup dengan mengeklik. Apalagi, buat kamu yang punya cita-cita jadi penulis, membaca itu wajib hukumnya. Karena, dengan kita banyak membaca referensi pengetahuan, kitapun semakin bertambah. Dan, orang yang rajin membaca intelektualitasnya akan berbeda dengan yang tidak suka membaca. Percayalah bahwa tidak ada orang pandai yang tidak hobi membaca.

Kedua

Ternyata, membaca bisa menangkal berbagai penyakit lho, khususnya insomnia. Coba deh, buat kamu yang susah tidur, mulai sekarang budayakan membaca sebelum tidur. Menurut penelitian, dengan membaca, pikiran kita (menjadi) lebih tenang dan jika demikian, pikiran kitapun lebih mudah untuk fokus tertelap. Selain itu, membaca juga mampu menurunkan stres. Orang yang suka membaca kemampuan kognitifnya lebih tinggi daripada yang tidak suka membaca. Ini artinya otak kita lebih terlatih. Hal ini juga berpengaruh pada daya ingat. Seorang peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan kegiatan kognitif seperti membaca memiliki risiko kepikunan 30 persen lebih rendah. Sementara orang-orang yang tidak suka melakukan kegiatan melatih kognitif memiliki risiko terkena masalah otak hingga 50 persen.

Nah, jika sudah tahu manfaatnya membaca, berarti tidak ada alasan untuk tidak suka membaca. Mari mulai saat ini, kita budayakan aktifitas gemar membaca.

Diambil dari:
Nama situs : BitRead
Alamat URL : http://bitread.co.id/blog/2015/02/mengapa-membaca-itu-penting
Judul artikel : Mengapa Membaca itu Penting
Penulis artikel : RES
Tanggal akses : 10 Januari 2017

Komentar