Artikel | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Artikel


Membaca Itu Modal Penulis

Kategori: Artikel

Membaca adalah aktivitas indera penglihatan manusia untuk menangkap objek atau kejadian yang ada di sekitar lingkungannya. Seorang penulis jika menginginkan tulisannya berbobot dan berisi gagasan segar, penulis tersebut harus banyak membaca. Membaca merupakan sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca, manusia akan banyak pengalaman dan menemukan banyak pemikiran. Dalam hal ini, membaca adalah upaya untuk menangkap segala macam objek atau pesan-pesan yang akan menambah khazanah pemikiran yang diperoleh dari sang penulis. Jika yang dibaca itu bentuk naskah tulisan, kita akan menemukan sederet teori-teori yang dihasilkan dari hasil penelitian. Jika yang dibaca itu berupa objek peristiwa alam yang terjadi di lingkungan, kita akan menemukan nilai-nilai pelajaran berharga untuk dikaji dan dijadikan pertimbangan berpikir. Konsep membaca bukan hanya membaca tulisan buku, surat kabar, majalah, atau apa saja yang berbentuk tulisan berupa kata dan kalimat, tetapi membaca juga berarti mengamati atau menangkap signal-signal peristiwa dengan pikiran, perasaan, dan hati nurani. selengkapnya...»


Mengidentifikasi Topik, Ide Pokok, dan Kalimat Pendukung

Kategori: Artikel

Memahami topik, inti pokok, atau kerangka konseptual yang lebih besar dari satu bab dalam buku pelajaran, artikel, paragraf, kalimat atau perikop adalah tugas membaca yang rumit. Mampu untuk menarik kesimpulan, mengevaluasi, dan menginterpretasi artikel atau bab/pasal secara kritis adalah penting untuk pemahaman menyeluruh dalam membaca di perguruan tinggi. Bab-bab dalam buku pelajaran, artikel, paragraf, kalimat, atau perikop semuanya memiliki topik dan ide pokok. Topik adalah tema atau pesan yang luas dan umum. Topik juga disebut dengan subyek oleh beberapa orang. Ide pokok adalah "konsep utama" yang sedang diungkapkan. Kalimat pendukung, baik yang besar dan yang kecil, mendukung ide pokok dengan memberitahukan bagaimana, apa, kapan, di mana, kenapa, seberapa besar, atau seberapa banyak. Menemukan topik, ide pokok, dan kalimat pendukung membantu Anda mengerti poin-poin yang berusaha diungkapkan oleh penulis. Mengidentifikasi hubungan di antara hal-hal tersebut akan menambah pemahaman Anda. selengkapnya...»


Kenapa Menulis Tangan unggul?

Kategori: Artikel

Sekarang ini sangat biasa di ruang kuliah mahasiswa sibuk mencatat penjelasan dosen dengan mengetik langsung di laptop. Bahkan, banyak pula yang merekam dengan gawai mereka atau memotret bahan kuliah. Mungkin dengan cara tradisional seperti mencatat dengan pena di atas kertas atau buku bukan lagi menjadi favorit mahasiswa dimanapun. selengkapnya...»


Bukuku Surgaku

Kategori: Artikel, Kesaksian

Saya tidak ingat buku pertama yang saya baca. Tetapi yang saya ingat betul adalah bahwa dirumah kami sesudah makan malam Ibu selalu membacakan buku bagi kami, anak-anaknya. Setiap malam, selama setengah sampai satu jam. Kehebatan Ibu membacakan buku tiada tandingnya. la termasyur tidak hanya dalam keluarga kami sendiri. Bahkan kalau keluarga jauh bertemu, mereka pun menghararapkan Ibu membacakan sesuatu. Cara membacakan, di satu pihak tenang dan jelas, tetapi di lain pihak sedemikian rupa sehingga seluruh keterangan dari cerita yang dibacakan itu terkomunikasi dengan baik dan ia selalu kesulitan untuk berhenti karena kami selalu mendesak supaya jangan berhenti dulu. selengkapnya...»


Menafsirkan Apa yang Anda Baca

Kategori: Artikel

Fakta atau Opini

Karena para penulis tidak selalu mengatakan sesuatu secara langsung, terkadang sulit untuk memahami apa yang benar-benar penulis maksudkan atau apa yang benar-benar ia coba katakan. Anda perlu belajar untuk "membaca apa yang tersirat" untuk mendapatkan informasi yang penulis berikan kepada Anda dan memahami hal-hal tersebut untuk diri Anda sendiri. selengkapnya...»


Hidup dengan Buku, Hidup dengan Hati

Kategori: Artikel

Selama hampir sebelas tahun saya menempati sebuah rumah di kawasan Dago milik keluarga Uncle (begitulah saya menyebut paman saya tercinta). Suami dan anak saya, Ilalang, pernah juga tinggal di sana selama 2-3 tahun. Rumah itu berkah bagi saya. Kebun rumah yang sangat lapang dipenuhi oleh aneka pepohonan, labu sayur, cabe rawit, dan jeruk nipis yang tak pernah berhenti berbuah, ruang-ruang dalam rumah itu penuh oleh buku. Yang mengagumkan, semua buku yang ada di sana sudah tuntas dibaca Uncle. selengkapnya...»


Tingkat Pemahaman

Kategori: Artikel

Tiga tingkat pemahaman atau kecepatan dalam berpikir, diperlihatkan dalam urutan berikut ini, yaitu mulai dari tingkat terendah hingga ke tingkat pemahaman yang tertinggi dalam membaca: selengkapnya...»


Kesalahan dalam Penggunaan Buku

Kategori: Artikel

Di tengah semakin mahalnya harga sebuah buku, ternyata masih banyak para pengguna buku (pembaca) yang belum mengetahui cara menggunakan dan memperlakukan buku dengan baik dan benar, sehingga sering didapati buku-buku yang cepat rusak, kumal, robek, jilidannya lepas, lembarannya hilang, dan sebagainya. selengkapnya...»


Bangkitkan Kembali Minat Membaca Buku Cerita Rakyat

Kategori: Artikel

Membaca adalah kebiasaan yang wajib ditanamkan kepada anak. Bahan-bahan bacaan yang diberikan tentu harus berkualitas dan memiliki unsur manfaat. Salah satunya dengan membaca buku cerita rakyat. Buku cerita rakyat sangat cocok menjadi bahan bacaan anak karena sifatnya yang ringan dan mudah dipahami. selengkapnya...»


Kritis dengan Membaca Label

Kategori: Artikel

Semakin pintar seseorang biasanya juga akan semakin kritis. Bukan hanya menyangkut masalah-masalah sosial politik terkini, tetapi juga masalah makanan dan kesehatan.

Makan bagi orang kritis bukan sekadar untuk mengisi perut agar tidak lapar dan memunyai tenaga untuk bekerja, tetapi makan dilakukan agar kesehatannya tidak terganggu. Singkatnya, makan untuk sehat. selengkapnya...»

Komentar