Langkah Mudah Menata Koleksi Buku | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Langkah Mudah Menata Koleksi Buku


Kategori: Kiat-kiat

Bagi pencinta buku, menyimpan dan merawat buku agar terlihat selalu baru meski sudah bertahun-tahun merupakan satu hal yang jamak dilakukan. Namun, penyimpanan ini pun membutuhkan trik tersendiri agar terlihat menarik dan mudah dicari.

Buku-buku yang dibiarkan bertumpuk bukan tidak mungkin mengundang serangga. Bahkan. bila terkena rembesan air akan menjadi santapan bagi rayap. Untuk menghindari hal tersebut, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menata koleksi buku Anda.

  • Usahakan agar buku terhindar dari debu dan kotoran. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan rak kaca untuk menyimpan buku. Dengan demikian, buku masih bisa terlihat dari luar sekaligus masih mendapatkan cahaya yang dibutuhkan agar udara dalam rak tidak terlalu lembab. Patut diketahui, kelembaban yang tinggi dapat merusak kondisi buku. Kalaupun tidak menggunakan rak kaca, rak biasa bisa dljadikan pilihan asalkan buku tidak menyentuh lantai untuk menghindari kelembaban tinggi. Namun yang pasti, buku harus dibersihkan secara berkala agar debu dan kotoran tidak menempel. Selain mengganggu pemandangan, debu dan kotoran tersebut juga dapat merusak buku.
  • Tatalah buku berdasarkan kategori tertentu untuk memudahkan pencarian. Kategorisasi tersebut bisa berdasarkan tema, susunan abjad dari nama pengarang, atau memisahkan antara buku asing dan buku lokal, dan masih banyak lagi.
  • Penataan buku pun bisa dilakukan dengan sedikit kreasi agar tidak terlihat monoton sekaligus memberi tampilan menarik. Antara lain dengan memodifikasi antara peletakan buku secara vertikal dan horisontal. Namun, pastikan bahwa bagian tulang buku tetap menghadap ke luar agar judul buku terlihat.
  • Jika jumlah buku semakin banyak, buatlah katalog buku yang disusun secara sistematis, seperti layaknya sistem perpustakaan. Dengan demikian, proses pencarian buku pun tidak akan memakan waktu lama.

Bahan diambil dan diedit seperlunya dari:

Nama surat kabar : Harian Kompas
Edisi : Jumat, 29 September 2006
Penulis : Adt
Halaman : 59

Komentar