Utamakan yang Utama | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Utamakan yang Utama


Kategori: Kesaksian Pembaca

Ditulis oleh: Berlin B.

Beberapa orang, termasuk saya, memiliki pengaturan waktu yang kurang baik. Beberapa tahun yang lalu, istilah yang populer untuk perilaku seperti ini adalah "ngeflow" alias mengalir. Artinya, menjalani hidup ini tanpa rencana; semua dijalani begitu saja, tidak ada "to do list" dan tentu saja tidak ada evaluasi. Satu-satunya perenungan atas hidup yang bisa dilakukan sering kali berupa pertanyaan semacam "Kok tidak ada perubahan ya, dalam hidupku?" atau "Kapan aku akan berhasil, ya?". Bagi orang-orang yang "ngeflow" pertanyaan-pertanyaan semacam ini akan bertahan dalam pikiran mereka paling lama tiga hari. Sesudah itu, hidup akan kembali mengalir.

Buku "First Things First" karya Patrick Forsyth merupakan salah satu buku yang membahas tentang manajemen waktu. Dari buku ini, saya belajar beberapa hal tentang menilai situasi yang saya hadapi, sedikit terorganisasi, dan belajar menentukan prioritas-prioritas yang harus saya kerjakan. Selain itu, saya juga terdorong untuk kembali melihat "hal-hal" dalam hidup saya dan mencoba menatanya dengan baik. Hukum Pareto yang disinggung dalam buku ini menolong saya untuk mengategorikan hal-hal dalam hidup saya, sehingga lebih mudah diprioritaskan.

Hal lain yang cukup menegur saya adalah pembahasan tentang "deadline". Ini merupakan hal yang cukup sulit untuk saya benahi karena sering kali saya bertoleransi dengannya. Dari buku ini saya belajar bahwa deadline bisa saja mundur, tetapi jangan dengan sengaja membuatnya mundur. Selain itu, perlu juga merencanakan deadline yang masuk akal pada masing-masing "to do list".

Meskipun buku ini sebenarnya ditujukan bagi orang-orang yang memiliki jabatan tertentu di perusahaan, namun prinsip-prinsip manajemen waktu yang dibahas di sini cukup bisa diadaptasi untuk masing-masing pribadi. Saat membaca buku ini, saya berharap akan ada perbaikan pengaturan waktu dalam hidup saya, terutama untuk disiplin pribadi dalam menggunakan waktu yang ada.

Jika Anda memiliki kesulitan mengatur waktu dan tugas, buku ini dapat membantu Anda. Baca saja!

Informasi buku:

Judul asli buku : First Things First
Judul buku terjemahan : --
Penulis : Patrick Forsyth
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Pitman Publishing, London 1995
Ukuran buku : 15,5 x 23,5 cm
Tebal : 182 halaman
ISBN : 0-273-60757-X
Buku Online : --
Download : --

Komentar