Pergi dalam Damai Sejahtera | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pergi dalam Damai Sejahtera


Kategori: Pelayanan, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Pergi dalam Damai Sejahtera
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Debora K. Tioso
Penerjemah : --
Editor : G. Dyah Paramita P. K.
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2010
Ukuran buku : 11 x 18 cm
Tebal : 78 halaman
ISBN : 978-602-8139-65-6
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Kiriman Kontributor

Hidup dan mati manusia adalah suatu misteri yang hanya diketahui oleh Sang Khalik. Kematian bisa datang dengan cara tiba-tiba dan menjemput siapa saja. Pada umumnya, kematian orang yang dikasihi tentu akan meninggalkan kesedihan. Untuk itu, memberikan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan maupun penguatan iman bagi orang yang akan meninggal itu penting. Bagaimana caranya meyakinkan mereka agar mereka meninggal dalam damai sejahtera Allah? Debora K. Tioso, seorang guru agama yang memiliki banyak pengalaman dalam pelayanan gerejawi, sekaligus penerjemah buku-buku teologia, mencoba memberikan jawabannya kepada Anda melalui buku yang ditulisnya, "Pergi dalam Damai Sejahtera".

Dalam buku terbitan Gloria Graffa ini, Debora K. Tioso secara garis besar memaparkan tentang siapa saja yang membutuhkan pendampingan dan siapa yang dapat mendampingi orang yang akan meninggal. Penjelasan tersebut disajikan dalam 6 bab. Bab pertama menekankan penjelasan tentang arti kematian dan pandangan alkitabiahnya. Bab kedua, berbicara tentang siapa yang seharusnya mendampingi orang-orang yang akan meninggal. Bab ketiga sampai keenam membahas tentang bagaimana mendampingi orang-orang yang sudah diketahui tanda-tanda kematiannya, misalnya narapidana yang divonis mati, pecandu narkoba, penderita sakit parah, dan warga usia lanjut. Pembahasan yang ada di buku ini sangat singkat, jelas, dan ringan. Pemaparan penulis pun sesuai dengan ajaran Alkitab. Di bagian belakang buku, penulis juga melampirkan nyanyian rohani yang bisa digunakan dalam kebaktian penghiburan.

Buku ini sangat berguna bagi para konselor, hamba Tuhan, dan pelayan ibadah penghiburan. Namun demikian, orang-orang awam pun perlu membaca buku ini, mengingat mereka pun mau tidak mau juga akan diperhadapkan dengan orang-orang yang menanti kematian. Kematian bukanlah akhir segalanya, pastikan Anda menguatkan mereka untuk tetap berharap pada Tuhan. Selamat membaca!

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar