Pendidikan Macam Apa yang Dibutuhkan Anak-Anak? | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pendidikan Macam Apa yang Dibutuhkan Anak-Anak?


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pelayanan Anak

Judul asli : Mendidik Anak Sesuai Zaman dan Kemampuannya
Penulis : Julianto Simanjuntak dan Roswitha Ndraha
Penerjemah : --
Penerbit : Layanan Konseling Keluarga dan Karir (LK3), Tangerang 2007
Ukuran buku : 14 x 20,8 cm
Tebal : 279 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 44/2009

Sekarang ini, pendidikan sudah mengalami banyak perkembangan. Bukan hanya dalam hal materi yang diajarkan, tapi juga metode yang digunakan untuk mendidik maupun sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses pendidikan. Melihat kenyataan yang semacam ini, apakah peran dan tanggung jawab kita terhadap perkembangan pendidikan anak-anak di Indonesia?

Menyikapi banyaknya persoalan yang muncul berkaitan dengan pendidikan, Bapak Julianto Simanjuntak beserta sang istri segera menulis buku yang diberi judul "Mendidik Anak Sesuai Zaman dan Kemampuannya". Buku ini berisi banyak topik yang berkaitan dengan pendidikan anak, dari pandangan tentang siapa anak itu hingga cara mendidik dan mendampingi anak. Pada dasarnya, buku ini berfokus pada cara-cara mendidik anak, memberikan pendidikan kepada anak, dan memilih pendidikan yang dibutuhkan anak. Secara garis besar, buku ini menjelaskan proses pendidikan yang terjadi di lingkungan keluarga. Meliputi pendidikan yang berkaitan dengan masalah spiritualitas, seks, narkoba, pornografi, pengaruh media elektronik dan game, serta teman hidup. Yang mana setiap pendidikan tersebut diberikan sesuai perkembangan usia anak.

Sayangnya, terdapat beberapa kesalahan ketik dalam buku yang sangat padat dan aplikatif ini. Selain itu, pengutipan ayat Alkitab pun tidak banyak digunakan. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi arti penting buku ini dalam mendampingi orang tua ketika mengamati dan berpartisipasi dalam proses pendidikan anak.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar