Metode Anak Aktif dalam Bercerita dan Membaca Alkitab | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Metode Anak Aktif dalam Bercerita dan Membaca Alkitab


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pelayanan Anak

Judul asli : --
Penulis : Paulus Lie
Penerjemah : --
Penerbit : Yayasan ANDI, Yogyakarta 2002
Ukuran buku : 15,5 x 23 cm
Tebal : 130 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 20/2007

Alangkah ruginya bila hanya sedikit pelajaran yang mampu diserap anak-anak sekolah minggu karena metode mengajar yang salah. Berangkat dari pertimbangan itulah, buku ini ditulis. Metode anak aktif adalah metode-metode yang diterapkan dengan cara mengajak anak untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan pengajaran di sekolah minggu. Paulus Lie menyajikan berbagai macam cara untuk mengubah metode konvensional dalam sekolah minggu yang meliputi sembilan macam kreasi dalam bercerita -- dari Kreasi Simulasi, Kreasi Permainan, sampai Kreasi Suara, dan Bunyi-bunyian.

Buku ini juga menekankan pentingnya memakai alat peraga untuk efektivitas mengajar. Alat peraga akan membuat pelajaran yang disampaikan menjadi lebih menarik. Selain itu, alat peraga juga akan meningkatkan perhatian anak, sehingga mereka akan secara aktif memperhatikan apa yang diajarkan guru.

Selain efektivitas mengajar yang ditingkatkan, kegiatan membaca Alkitab pun perlu diperbarui. Upaya ini memang tidak mudah karena ada banyak sekali buku anak-anak yang disajikan dengan menarik -- meski tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya -- yang membuat anak-anak menjadi kurang berminat untuk membaca Alkitab. Kendala ini dapat diatasi dengan mengkreasikan cara membaca Alkitab yang konvensional menjadi sebuah aktivitas yang menarik, yang akhirnya membawa anak-anak untuk belajar mencintai firman Tuhan. Terdapat 33 kreasi yang bisa dilakukan secara perorangan atau kelompok. Guru juga dapat mengembangkan kreasinya sendiri, atau menciptakan kreasi baru yang sesuai dengan kondisi sekolah minggu di mana dia mengajar.

Pengalaman Paulus Lie dalam melayani berbagai KKR anak, kemping anak, dan acara anak lainnya membuatnya memahami kendala dan permasalahan dalam sekolah minggu. Penulisannya yang runtut, disertai dengan contoh-contoh yang mudah dipahami, menjadikan buku ini satu panduan yang sangat membantu para guru dalam mengembangkan sekolah minggu mereka.

Peresensi: Lanny

Komentar