Meningkatkan Konsentrasi Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Meningkatkan Konsentrasi Membaca


Kategori: Kiat-kiat

Membaca merupakan aktivitas aktif, memberi tanggapan terhadap apa yang dibaca. Informasi yang diserap dalam membaca sama dengan apa yang diserap waktu mendengarkan. Bila membaca, informasinya adalah kata yang dicetak. Dalam mendengarkan, sumber informasinya adalah ucapan. Kesan yang diperoleh oleh mata atau telinga diantar ke otak, lalu pembaca atau pendengar itu mengerti informasi yang diemban oleh kata atau ucapan itu. Apabila kita akrab dengan arti kata bacaan atau ucapan itu, kita akan cepat mengerti.

Apabila perhatian dan konsentrasi kita fokuskan pada bahan yang kita baca, maka gagasan dan gambaran tentang isi bacaan akan nampak jelas dan mudah kita pahami. Koordinasi atau kerja sama antara otak dan mata menentukan dalam membaca. Sekalipun bahan yang dibaca mudah, kerja sama dua organ tubuh itu mutlak perlu. Apabila dalam melakukan suatu pekerjaan lain yang ringan kita dapat memikirkan sesuatu yang lain, maka tidak demikian halnya dalam membaca. Bagaimanapun ringannya bahan bacaan itu, konsentrasi amat dibutuhkan. Pikiran kita harus tertuju ke bacaan itu. Dengan konsentrasi, kita cepat mengerti dan cepat memahami bacaan. Sebaliknya, apabila selama membaca pikiran kita berada di tempat lain, melamun, atau memikirkan hal lain misalnya, sulit bagi kita untuk memahami arti bacaan itu.

Kurangnya daya konsentrasi pada tiap orang disebabkan oleh hal-hal yang berbeda. Ada orang yang memerlukan tempat yang tenang untuk dapat membaca, sementara orang lain perlu ditemani suara radio. Kurangnya konsentrasi dapat juga disebabkan oleh kurangnya minat perhatian terhadap apa yang dibaca karena tidak menarik; terlalu sulit atau terlalu mudah; atau memang membosankan. Dapat juga disebabkan karena memang orang itu belum siap membaca, misalnya karena badan terlalu lelah, atau secara emosional tidak memungkinkan untuk membaca karena kesulitan keuangan atau mendapat kesusahan. Singkatnya, ada sesuatu yang membuat pikiran menjadi kusut sehingga perhatiannya pecah.

Untuk meningkatkan daya konsentrasi, ada dua kegiatan penting, yaitu:

  1. menghilangkan atau menjauhi hal-hal yang menyebabkan pikiran menjadi kusut dan
  2. memusatkan perhatian secara sungguh-sungguh.

Hal ini termasuk memilih tempat dan waktu yang sesuai dengan dirinya, serta memilih bahan bacaan yang menarik. Teknik-teknik membaca seperti survei bahan bacaan sebelum memulai membaca dan menentukan tujuan membaca, adalah cara-cara untuk berkonsentrasi.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif
Judul asli artikel : Meningkatkan Konsentrasi
Penulis : Soedarso
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 1988
Halaman : 49 -- 50

Komentar