Membaca dan Mengerti | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Membaca dan Mengerti


Kategori: Kiat-kiat

Membaca; dengan melakukannya kita bisa mendapatkan banyak hal, baik ilmu pengetahuan, informasi, maupun hiburan. Dengan membaca kita juga semakin menyadari bahwa pengetahuan yang kita miliki masih terbatas sekaligus mendorong kita untuk terus menggali pengetahuan melalui bacaan. Bacaan yang dimaksud meliputi semua buku cetak maupun media di internet, seperti majalah, koran, diktat, buku, dsb..

Akan tetapi akan sangat menyedihkan bila kita sudah capai-capai membaca tapi tidak mengerti. Idealnya, kita perlu mengerti apa yang kita baca, bukan? Tapi terkadang kenyataannya tidak demikian. Membaca adalah aktivitas belajar, hobi, sekaligus kebutuhan. Sebagai sarana belajar kita harus jeli dengan tulisan-tulisan yang ada. Ada dua area kejelian yang perlu kita perhatikan.

Pertama, kejelian terhadap tulisan (hal yang tersurat). Ini meliputi penulisannya kata per kata, tanda baca, huruf kapital, dan sebagainya. Apakah Anda memahami mana yang lebih tepat pemakaian kata nafas ataukah napas? Bisakah membedakan antara hikmat, hikmah ataupun khidmat; antara pagina dan vagina? Kalau yang terakhir ini salah bisa fatal.

Kedua, kejelian terhadap makna/pesan tulisan (hal yang tersirat). Banyak tulisan yang tata bahasanya benar, rangkaian katanya indah tetapi maksudnya kacau-balau, membingungkan bahkan bisa menyesatkan.

Itu sebabnya membaca tulisan idealnya tidak boleh terburu-buru, sehingga kita juga tidak terburu-buru mengambil sari pati maksud penulisnya.

Lalu, bagaimanakah kita bisa memahami bacaan dan cepat mengerti isinya? Tidak ada resep lain kecuali banyak berlatih. Jikalau kita bisa lancar naik sepeda karena sering berlatih, demikian juga kita semakin handal dalam memahami teks karena "jam terbang" kita yang tinggi. Mari kita nikmati aktivitas membaca, mulai dari sekedar membaca stiker di pantat mobil sampai diktat-diktat tebal; membaca

  1. Bagi kita yang tidak begitu suka membaca, mulailah membaca sesuai hobi. Cari tulisan-tulisan sesuai dengan kegemaran kita: berita, komik, novel remaja, resep masakan, Alkitab, atau yang lainnya.
  2. Carilah penulis yang kita senangi.
  3. Cari waktu yang tepat untuk membaca: pagi hari, siang hari atau malam hari.
  4. Cari tempat yang tepat sesuai dengan kesukaan kita: ruang keluarga, kamar tidur, ruang tamu, atau teras.
  5. Buatlahsuasana tertentu yang sesuai selera kita: sambil minum kopi, sambil mendengarkan musik, sambil berjemur, atau harus hening.
  6. Bergaul dengan orang-orang yang gemar membaca, karena dengan banyak berteman dengan mereka kita bisa makin terdorong untuk makin menyenangi aktivitas mengasyikkan ini.
  7. Memasang tulisan/stiker di tempat strategis di rumah kita: "Sudah berapa halaman yang kamu baca hari ini?"
  8. Miliki keinginan kuat dan serius untuk mau membaca.

Selamat mempraktikkan.

Diringkas dari:

Nama majalah : Berita GKMI
Edisi : No.505 Tahun XLII Oktober 2009
Penulis : J2
Penerbit : Berita GKMI
Halaman : 42

Komentar