Membaca Buku dengan Cepat dan Efektif | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Membaca Buku dengan Cepat dan Efektif


Kategori: Kiat-kiat

Hampir setiap hari, kita pasti tidak lepas dari kegiatan membaca. Baik yang memang sengaja menyempatkan membaca buku dan koran, ataupun membaca tulisan-tulisan yang mau tidak mau harus kita lakukan, seperti membaca petunjuk jalan, membaca informasi di ATM (Anjungan Tunai Mandiri), membaca surat-surat yang dikirim lewat email, membaca teks film yang kita tonton, komentar-komentar status di Facebook, dan bahkan membaca surat tagihan kartu kredit.

Bagi kita yang memunyai hobi membaca buku, pasti memiliki kebanggaan sendiri. Apalagi saat membicarakan sebuah buku yang sudah kita kuasai isinya. Untuk itu, jangan hanya sekadar membaca, kita pun dituntut untuk mengerti apa yang disampaikan dari bahan bacaan itu. Sia-sia sekali kalau kita sudah banyak membaca buku, tapi sedikit yang kita tahu isinya.

Agar tidak menjadi sia-sia, silakan simak trik membaca cepat dan efektif di bawah ini.

  1. Membaca dengan bersuara itu kurang efektif.

    Bagi Anda yang memunyai kebiasaan membaca bersuara, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut (kecuali jika Anda sedang membacakan komik untuk adik atau anak). Membaca dalam hati akan lebih efektif, dengan membaca dalam hati -- tanpa suara -- kita bisa menangkap jumlah kata 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan membaca dengan bersuara. Artinya, bila dalam satu menit kita membaca bersuara dapat menangkap 200 kata, kita bisa menangkap 600 kata per menit dengan membaca dalam hati. Tentu saja, jumlah kata yang berhasil kita tangkap itu akan terus bertambah seiring konsentrasi pada saat baca dan seringnya kita membaca buku.

  2. Biasakan menangkap beberapa kata dalam satu kali lihat.

    Cobalah untuk mengambil kata kunci dalam satu kalimat. Jadi, saat membaca kita harus menggunakan otak dan mata kita. Gabungkan kata kunci dalam kalimat menjadi satu kesatuan bermakna. Bacalah kalimat demi kalimat dari kiri ke kanan tanpa henti, jangan pernah mundur untuk melihat kalimat sebelumnya untuk mengetahui kata-kata yang belum tertangkap. Biarkan kata-kata itu pergi, yang penting poinnya sudah didapat. Memang proses ini tidak bisa dikuasai dalam tempo singkat. Makin sering membaca, pasti kita akan terbiasa.

  3. Perhatikan kecepatan Anda dalam membaca.

    Kita tahu bahwa tidak semua jenis buku bisa kita perlakukan sama untuk mengukur kecepatan membaca. Kecepatan membaca novel remaja tentu berbeda dengan membaca buku sejarah Indonesia. Tingkat kesulitan untuk memahaminya pasti juga berbeda. Penguasaan bahasa sangat penting, untuk itu catatlah dan carilah idiom-idiom atau ungkapan-ungkapan asing yang sering Anda temukan dalam bacaan Anda. Hal ini akan bermanfaat apabila kita menemui kata asing tersebut di buku lainnya.

Nah, mulai sekarang ambil bacaan yang paling ringan menurut Anda. Lalu pikirkan dan perhatikan baik-baik judul serta sinopsisnya untuk memperkirakan isi buku itu. Kemudian, silakan membaca seluruh buku dan jangan lupa membandingkan kecepatan baca Anda dengan buku-buku sebelumnya yang pernah dibaca. Tapi ingat yang satu ini, jangan hanya fokus pada kecepatan membaca -- asal cepat selesai -- tapi perhatikan juga isinya. Selamat membaca!

Diambil dan diedit seperlunya dari:

Nama situs : Kampung buku
Alamat URL : http://www.kampung-buku.com/
Judul asli : Baca Buku Cepat Sekaligus Efektif
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 6 Januari 2012

Komentar