Kiat Jitu Beli Buku | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Kiat Jitu Beli Buku


Kategori: Kiat-kiat

Membeli buku sudah menjadi kebutuhan orang modern. Selain sebagai guru dan penasihat abadi yang bisa dibawa ke mana-mana, buku juga dapat dianggap sebagai investasi. Problemnya, begitu banyak judul buku diedarkan, sampai-sampai pusing memilihnya. Agar tidak terjebak membeli buku yang tidak dibutuhkan, ada baiknya ikuti tip di bawah ini.


  • Rencanakan dari rumah buku yang hendak dibeli dan persediaan uang yang akan dibelanjakan.
  • Setelah sampai di toko, baca judul, pengarang, dan penerbitnya. Kalau oke, lihat sampul belakang - sering disebut halaman empat - yang biasanya berisi ringkasan. Dari sini, lazimnya sudah bisa diukur, perlu tidaknya buku itu dibeli.
  • Cermati kata pengantar, daftar isi, dan pendahuluan. Dengan begitu bisa diketahui tema, sekilas isi, cara berpikir, serta pendirian penulis. Cocokkan apakah hal-hal di atas pernah dijumpai di buku lain. Kalau pernah, berapa persen isi yang telah kita ketahui.
  • Kalau buku yang Anda taksir tidak dibungkus plastik, amati per bab, dengan membaca dua atau tiga halaman dari tiap bab. Baca pula sub- sub babnya.
  • Bila ada, jangan lewatkan halaman penutup, yang biasanya berisi kesimpulan dari seluruh isi buku. Bila tidak ada, baca tiga halaman terakhir buku itu. Kini, Anda siap melangkah ke meja kasir. (Barkah Nugroho, di Yogyakarta)

Sumber:

Nama majalah : Intisari
Edisi : April 2005
Penulis : Barkah Nugroho
Halaman : 192

Komentar