Keluarga Bahagia | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Keluarga Bahagia


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul asli : --
Penulis : Pdt. Dr. Stephen Tong
Penerjemah : --
Penerbit : Lembaga Reformed Injili Indonesia, Surabaya 1995 (Cet.ke-3)
Ukuran buku : 13,5 x 21 cm
Tebal : 125 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 16/2007

Fenomena kawin cerai akhir-akhir ini dianggap lumrah di masyarakat. Tidak jarang pasangan yang baru seumur jagung pun melakukan hal tersebut hanya karena alasan tidak ada lagi kecocokan di antara keduanya. Kecocokan tidak lagi dilihat sebagai saling memahamikelebihan dan kekurangan tiap pribadi, tetapi mulai bergeser menjadi sebuah ego untuk mengubah pasangan kita menjadi seperti yang kita ingini atau keinginan untuk selalu dimengerti tanpa mau mengerti. Apakah hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip pernikahan Kristen? Dengan gaya tulisan yang enak dibaca dan mudah dimengerti, Pdt. Dr. Stephen Tong seperti menyibak semua permasalahan pelik dalam kehidupan keluarga.

Pernikahan sering disebut sebagai penyatuan dua pribadi yang berbeda. Dan hal ini bukan suatu usaha yang mudah. Pdt. Dr. Stephen Tong melihat fakta bahwa pernikahan yang tidak bahagia justru dikarenakan oleh kurang sabarnya pasangan tersebut. Kasih perlu dibubuhi dengan kesabaran untuk mencapai penyesuaian diri. Penyesuaian diri memerlukan pengorbanan, tahan nafsu, dan waktu yang panjang (hlm. 53). Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana kita mendasarkan pernikahan itu kepada "Sumber Cinta" yang sejati, yaitu Allah. Kehidupan keluarga yang hidup dalam cinta seperti Allah.

Pembahasan buku yang terdiri dari tujuh bab ini dimulai dengan penjelasan prinsip dalam membangun keluarga Kristen, alasan sebuah pernikahan Kristen, bagimana kita harus menghormati sebuah pernikahan, sampai kendala dan kunci dari sebuah pernikahan yang bahagia. Pembahasan di dalamnya seperti mengembalikan dan mengingatkan kita akan pentingnya kedudukan sebuah keluarga sebagai unit yang paling dasar dan fundamental dalam pembentukan masyarakat dan gereja.

Bagi keluarga baru atau keluarga yang telah lama mengarungi bahtera pernikahan dan sedang mengalami permasalah dalam hidup rumah tangganya, buku ini pantas untuk dibaca. Muda-mudi yang belum menikah pun perlu menambah wawasannya lewat buku ini untuk melihat bagaimana menciptakan kehidupan keluarga bahagia yang seturut dengan kehendak Tuhan. Kiranya buku ini dapat mengembalikan esensi penting dari pernikahan Kristen yang sebenarnya. Selamat membaca.

Peresensi: Kristina

Komentar