Dasar Pendidikan Kristen | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Dasar Pendidikan Kristen


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pelayanan Anak

Judul asli buku : Foundations of Christian Education
Penulis : Louis Berkhof dan Cornelius Van Til
Penerjemah : Tim Penerjemah
Penerbit : Momentum, Surabaya 2004
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal buku : 207 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 44/2009

Pendidikan adalah salah satu hal terpenting dalam kehidupan setiap manusia. Gagalnya pendidikan juga merupakan kegagalan kehidupan dan masa depan. Namun, sebagai orang Kristen, sudahkah kita menyadari betapa berbahayanya pendidikan sekuler saat ini? Seberapa jauh perbedaan antara pendidikan Kristen yang benar dan pendidikan sekuler atau pendidikan Kristen yang salah?

Melalui buku "Dasar Pendidikan Kristen" ini, Prof. Louis Berkhof dan Prof. Cornelius Van Til berusaha menyadarkan pembacanya bahwa pendidikan Kristen bersifat antitesis terhadap pendidikan sekuler. Isi buku ini terdiri dari dua bagian besar yang dikelompokkan ke dalam tujuh bab. Kedua bagian tersebut adalah: Kepentingan dan Kekhususan Pendidikan Kristen dalam Perspektif Reformed dan Dasar Doktrinal bagi Pendidikan Kristen. Buku ini tersusun dari kumpulan esai yang merupakan ceramah-ceramah yang disampaikan dalam konvensi nasional dari National Union of Christian Schools (sekarang Christian Schools International). Meskipun terkesan seperti buku yang membahas sebuah doktrin, gaya penuturan yang digunakan sangat lugas dan tidak bertele-tele.

Dalam bukunya ini, Cornelius Van Til, yang dikenal sebagai profesor apologetika di Westminster Theological Seminary, menentang pemikiran non-Kristen pada presuposisinya. Sementara Louis Berkhof, yang dikenal sebagai teolog sistematika dan mantan Presiden Calvin Theological Seminary, dengan gamblang melabuhkan tugas pendidikan Kristen ke dalam kebenaran-kebenaran utama iman Kristen.

Sekalipun buku ini lebih membahas tentang doktrin pendidikan Kristen dan pentingnya sekolah Kristen menyuarakan kenabian di samping ilmu pengetahuan, namun buku ini tidak hanya berguna bagi praktisi pendidikan Kristen. Siapa saja yang menaruh minat besar terhadap pendidikan dan hubungannya dengan iman Kristen, dapat memperoleh wawasan yang luas ketika membaca buku ini. Penulis berharap setelah membaca buku ini, pembacanya -- guru Kristen, orang tua Kristen, dan rekan-rekan dari pendidikan Kristen -- dapat mendengarkan kembali panggilan Tuhan untuk berjuang dan setia menuntun anak-anak di dunia pendidikan.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar