Cara Mempersiapkan Khotbah | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Cara Mempersiapkan Khotbah


Kategori: Homiletika/Khotbah, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Cara Mempersiapkan Khotbah
Judul asli : How to Prepare Sermons and Gospel Addresses
Penulis/Penyusun : Dr. William Evans
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : BPK Gunung Mulia, Jakarta 1987
Ukuran buku : 13 x 18 cm
Tebal : 156 halaman
ISBN : 979-415-031-2
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 123/2013

Apakah Anda adalah seorang pendeta? Atau mungkin seorang pengurus gereja yang rutin mendapatkan tugas untuk berkhotbah? Jika 'Ya', buku berikut ini tepat untuk Anda. Buku ini memang ditujukan bagi pembaca yang membutuhkan panduan untuk mempersiapkan khotbah. Dengan membaca buku ini, diharapkan Anda dapat semakin mudah dan cepat dalam mempersiapkan khotbah.

Dalam buku yang ditulis oleh Dr. William Evans ini, Anda bisa mendapatkan pengajaran-pengajaran praktis seputar mempersiapkan khotbah. Buku ini dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berisi pelajaran untuk mempersiapkan khotbah dan bagian kedua berisi contoh-contoh kerangka khotbah. Hal yang menarik adalah, penulis memulai pelajarannya bukan dari isi khotbah yang akan disampaikan, melainkan dari diri si pengkhotbah. Menurut penulis, hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah kepribadian atau karakter si pengkhotbah. Setelah seorang pengkhotbah memiliki karakter yang baik, barulah khotbahnya bisa menyentuh hati pendengar. Dr. William Evans menulis, "Berita yang akan dikabarkan, haruslah berakar terlebih dahulu dalam hati pengkhotbah." Selanjutnya, Anda dapat membaca uraian dari kedua bagian ini, yang penulis pisahkan ke dalam 14 bab dengan topik-topik yang meliputi bagaimana memilih dan menafsirkan nats, memilih tema, mengumpulkan dan menyusun bahan khotbah, khotbah berdasarkan perikop, pembacaan Alkitab, khotbah berdasarkan pasal, dan penggunaan ilustrasi dalam khotbah.

Buku ini bukan hanya ditujukan kepada para pendeta atau mahasiswa teologi saja. Bahkan, buku ini juga sangat bermanfaat bagi kaum awam yang dipercayakan untuk menyampaikan firman Tuhan di gereja atau tempat persekutuan karena materi yang disampaikan lebih bersifat praktis daripada teoritis. Dalam buku ini, pembaca dituntun langkah demi langkah untuk menyiapkan khotbah yang berbobot, alkitabiah, dan menyentuh jiwa pendengar. Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa menemukan contoh-contoh kerangka khotbah yang sudah disiapkan oleh Dr. William Evans di bagian kedua dari buku ini. Kiranya buku ini membantu Anda dalam meningkatkan kualitas khotbah Anda.

Peresensi: Yegar

Komentar