Building A Successful Intermarriage Between Religions, Social Classes, Ethnic Groups Or Races | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Building A Successful Intermarriage Between Religions, Social Classes, Ethnic Groups Or Races


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pernikahan Kristen

Judul asli : --
Penulis : Man Keung Ho, Ph.D.
Penerjemah : --
Penerbit : Abbey Press, Indiana 1984
Ukuran buku : 13,3 x 20 cm
Tebal : 143 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 45/2009

Pernikahan campuran biasanya lebih rentan terhadap masalah dibandingkan pernikahan yang individu-individunya berasal dari latar belakang yang sama. Hal ini disebabkan karena pernikahan campuran adalah menyatukan dua individu yang memiliki perbedaan yang lebih kompleks, baik perbedaan latar belakang budaya, bahasa, pendidikan, status sosial, ekonomi, ras, etnis, bahkan agama. Dengan mengatasnamakan cinta, banyak anak-anak Tuhan yang mengambil risiko mengatasi perbedaan itu. Ada juga di antara mereka yang menikah dengan non-Kristen, dan masing-masing bertahan dengan kepercayaannya. Pada awal pernikahan mungkin hal itu tidak menjadi masalah, namun lama-kelamaan bisa saja hal itu menjadi masalah.

Jika Anda sedang mengalami masalah karena perbedaan-perbedaan yang ada dalam sebuah pernikahan campuran, buku yang sudah ditulis oleh Man Keung Ho, Ph.D. ini dapat menjadi referensi Anda dalam mengatasi masalah yang Anda hadapi. Dr. Ho mengamati bahwa ada faktor sosiologi dan psikologi yang mendasari terjadinya pernikahan campuran. Dia juga menelisik hal-hal yang berpotensi menimbulkan masalah dalam pernikahan campuran dan memberikan wawasan tentang bagaimana pasangan campuran dapat lebih menyadari kekayaan hubungannya. Secara khusus, penulis memberi petunjuk dan ilustrasi contoh masalah tentang komunikasi dengan pasangan, mengasuh anak, dan hubungan kekerabatan keluarga besar. Selain itu, buku ini juga mengungkapkan saran konkret yang menunjukkan bagaimana para orang tua, kerabat, teman, konselor, dan pendeta yang dilibatkan oleh pasangan bisa memegang peranan penting dalam membantu pasangan tersebut untuk membangun pernikahan yang berhasil, baik dalam mengatasi masalah yang mereka hadapi dan mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Dr. Ho menutup setiap bab di buku ini dengan aplikasi dan saran. Sebagai lampiran, Dr. Ho memberikan dua macam tes yang akan membantu para konselor dalam menolong konseli mengatasi segala masalah yang ada dalam pernikahan mereka.

Penulis adalah seorang profesor dinas sosial di Universitas Oklahoma di Norman yang bergerak dalam bidang konseling pernikahan dan bersama istrinya memimpin departemen pernikahan di gerejanya. Buku ini adalah wujud praktik profesionalnya sebagai konselor, risetnya dalam bidang pernikahan, dan pengalaman pribadinya sendiri berada dalam sebuah pernikahan campuran selama belasan tahun.

Peresensi: Setya (setya_tya83(at)xxx)

Komentar