Artikel | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Artikel


Likuefaksi atau Likuifaksi? Gempa dan Perdebatan Bahasa di Era SEO

Kategori: Artikel

Antonius Galih Rudianto

Gambar: Likuifaksi

Gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018) petang hingga kini telah merenggut 1.948 jiwa. selengkapnya...»


Memperjuangkan Kemerdekaan Literasi

Kategori: Artikel

Gambar: Kemerdekaan Literasi

Bangsa Indonesia sudah memulai kemerdekaannya dengan cara yang heroik dengan tenaga, darah, dan air mata. Kemerdekaan Indonesia tidak diraih dengan mudah, dengan caranya sendiri. selengkapnya...»


Semua Angka Punya Makna

Kategori: Artikel

Penulis: Emshol

ISBN

Pernahkah Anda memperhatikan, International Standard Book Number (ISBN) buku yang Anda baca? Kalau Anda tidak bekerja di perpustakaan, penerbit, atau tidak pernah berurusan dengan ISBN, deretan nomor itu seperti tak bermakna. Padahal bagi penerbit, nomor ini sama pentingnya dengan nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Biasanya, nomor ini ditulis kecil di tempat yang jarang dilihat pembaca. Di bagian bawah sampul belakang atau di balik halaman judul, misalnya. Setiap buku di dunia memiliki nomor ISBN berbeda. selengkapnya...»


Bahaya Membaca E-Book dan Ponsel Pintar Sebelum Tidur

Kategori: Artikel

Gambar: e-book

Jakarta, CNN Indonesia -- Saat meringkuk di bawah selimut sambil membaca e-book sebelum tidur, berhati-hatilah. Sebab, Anda tidak hanya merusak tidur tapi juga meruntuhkan kesehatan. Peringatan tersebut disampaikan oleh para dokter di Amerika Serikat. selengkapnya...»


Meski Hidup pada Era Digital, Jangan Tinggalkan Kebiasaan Membaca Buku

Kategori: Artikel

Gambar: Membaca buku

Saat malam menjelang atau kala akhir pekan datang, masih adakah di antara kita yang masih rajin membaca buku? Di tengah "ledakan" teknologi ketika berbagai produk telah dikemas menjadi bentuk digital, termasuk buku yang tentunya ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun begitu, kebiasaan membaca buku konvensional tetap harus dipelihara, apa pasal? selengkapnya...»


Membaca Bikin Kita Lebih Kreatif

Kategori: Artikel

Gambar: Kemerdekaan Literasi

Dalam kehidupan sehari-hari, sekarang ini menonton film, televisi, main game, lebih menjadi gaya hidup daripada membaca. Namun mereka yang meluangkan waktu untuk membaca banyak buku masih memberikan pengalamannya bagi orang lain betapa keuntungan yang diperoleh sangat banyak dengan membaca buku. Banyak manfaat lain yang diperoleh dari sekadar pengetahuan yang didapat dengan membaca. Apa sajakah manfaat membaca yang lain? Mari kita simak seperti yang dimuat di Lifemojo. selengkapnya...»


Minat Baca Anak Rendah, Perlu Terobosan Baru?

Kategori: Artikel

Minat baca masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak, masih sangat rendah. Data dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menunjukkan, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya, dari 10.000 anak bangsa, hanya satu orang yang senang membaca. selengkapnya...»


Literasilah Kuncinya

Kategori: Artikel

Tahukah Anda bahwa ada sekitar satu milyar orang dewasa di dunia ini yang buta huruf atau tidak bisa membaca? Bahwa 98% dari jumlah itu berada di negara-negara berkembang termasuk Indonesia? selengkapnya...»


Bagaimana Cara Membaca

Kategori: Artikel

Penulis: J. Oswald Sanders

Anak Membaca

Salah satu arti membaca didefinisikan sebagai belajar dari bahan yang tertulis atau tercetak; membaca bukan hanya memperhatikan tanda-tanda bacanya saja, tetapi juga merenungkan pikiran yang dinyatakan di dalamnya. "Membaca itu mudah." selengkapnya...»


Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

Kategori: Artikel

Anak-anak masa kini lebih menyukai menonton televisi dan bermain game. Ditambah pesatnya kemajuan teknologi, seperti menjamurnya telepon pintar, mereka semakin jauh dari kegiatan membaca dan kegiatan lain yang lebih mendatangkan manfaat positif. selengkapnya...»

Komentar