Yohanes Salib? Siapa Dia? | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Yohanes Salib? Siapa Dia?


Kategori: Kesaksian Pembaca

Ditulis oleh: Lani Mulati

Di toko-toko buku ada banyak sekali buku tokoh kristiani yang beredar. Namun, ada satu buku yang membuat saya merasa penasaran. Buku yang saya maksud adalah buku ini. Buku ini membahas kehidupan Yohanes Salib yang nama aslinya adalah Juan de Yepes. Dia adalah seorang pribadi yang memiliki imajinasi yang agung.

Sejak awal, buku ini memaparkan tentang kehidupan Yohanes Salib yang membawa pesan dan visi tentang kehidupan yang bisa memberikan arti yang sebenarnya bagi umat manusia saat ini. Sebagai seorang manusia, kehidupan Yohanes tidak selalu menyenangkan. Dia pernah mengalami sakit, dipenjara, dan berbagai kesengsaraan yang lain. Namun, karena keyakinannya kepada Allah, dia pun mendapatkan kemenangan atas segala masalah yang dihadapinya. Selain itu, Yohanes Salib juga seorang yang memiliki semangat belajar dan komitmen yang tinggi. Oleh karenanya tidak mengherankan jika dia berhasil menulis banyak puisi dan karya-karya prosa. Ia bertekad untuk menyerahkan hidup sepenuhnya kepada Tuhan dan berusaha sungguh-sungguh dengan penuh kesabaran dan kasih membimbing orang-orang yang ingin mengikuti Tuhan. Dia selalu mengharapkan yang terbaik bagi orang-orang yang dibimbingnya. Sikap inilah yang mengajarkan kepada saya untuk menyerahkan hidup kita dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan meskipun ada berbagai tantangan yang akan selalu menghadang.

Selama ini saya cukup sering merasa lelah dengan pergumulan hidup saya. Belum selesai satu masalah, sudah ada masalah yang lain. Namun, setelah saya membaca buku ini mata saya menjadi terbuka. Sebenarnya semua orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri dan Tuhan juga tidak pernah memberikan jalan keluar yang sama persis bagi masing-masing orang. Tapi yang pasti Dia bersedia untuk menolong dan menyertai kita.

Bagian yang paling berkesan bagi saya adalah bab terakhir. Bab ini membahas tentang Yohanes dan Bimbingan Rohani. Pada bab ini, Yohanes mengajarkan bahwa keberadaan pembimbing rohani sangat penting dan berpengaruh dalam kehidupan kristiani. Akan tetapi meskipun pembimbing itu penting namun dia tetap manusia biasa. Hanya Roh Kuduslah yang menjadi pembimbing sejati kita. Di dalam dan bersama Dia kita dimampukan menghadapi masalah-masalah kita.

Dengan membaca kehidupan Yohanes Salib dari kecil sampai dewasa yang mengalami banyak masalah dan penderitaan tapi tidak patah semangat untuk terus berkarya, benar-benar memotivasi saya untuk melakukan hal yang sama. Tidak menyerah!

Informasi buku:

Judul buku : Yohanes Salib
Penulis : Wilfild McGreal
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta 2001
Ukuran buku : 13,8 x 20,7 cm
Halaman : 93 halaman

Komentar