Yesus dalam Literatur Islam | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Yesus dalam Literatur Islam


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Yesus dalam Literatur Islam
Judul asli : Images of Jesus Christ in Islamic Litterature
Penulis/Penyusun : Oddbjorn Leirvik
Penerjemah : Ali Nur Zaman
Editor : Ahmad-Norma Permata
Penerbit : Fajar Pustaka Baru, Yogyakarta 2002
Ukuran buku : 14,2 x 21 cm
Tebal : 455 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 103/2012

Tuhan Yesus adalah tokoh sentral di dalam kekristenan. Dalam agama lain, Yesus dan kehidupan-Nya juga disebut-sebut, salah satunya dalam pengajaran Islam. Seperti apakah pandangan Islam tentang Yesus?

Salah satu referensi yang membantu Anda mempelajari lebih lanjut pandangan agama Islam tentang Yesus adalah buku yang berjudul "Yesus dalam Literatur Islam", yang ditulis oleh Oddbjorn Leirvik, seorang teolog Kristen yang aktif terlibat dalam dialog antaragama (Kristen-Islam), dan banyak melakukan survei terhadap beberapa literatur Islam yang berkembang dari zaman klasik hingga modern, dari buku tafsiran hingga karya sastra Islam lainnya. Enam bab pertama buku ini memaparkan perihal Yesus di dalam Al-Qur`an dan Al-Hadis, Yesus dalam Legenda Muslim dan Tafsir Al-Qur`an, dan Yesus dalam Sufisme. Sedangkan dua bab terakhir dari buku ini, membahas tentang diskusi Kristen-Islam pada abad XIX hingga XX dan isu-isu serta dialog antara dua agama tersebut. Buku ini mengajak umat beragama untuk mengetahui dan menerima perbedaan ajaran masing-masing, demi terwujudnya rasa toleransi yang sehat dan kedamaian di bumi. Berhubung buku ini mengupas tokoh Yesus menurut agama Islam, tentu saja ayat-ayat kitab dan surat-surat dalam agama Islam banyak dikutip oleh penulis. Selain itu, Anda juga dapat membaca banyak referensi yang mendasari penjelasannya yang ditulis sebagai catatan kaki di setiap akhir bab. Buku ini ditulis dengan nada netral, sehingga tidak terkesan mengunggulkan satu ajaran agama dan tidak mengindahkan yang lainnya.

Buku ini cukup lengkap dalam memaparkan pandangan agama Islam tentang Yesus. Buku ini tidak hanya baik untuk dibaca oleh para teolog, pendeta, dan mahasiswa teologi; jemaat awam pun perlu membaca buku ini untuk menambah pengetahuan, khususnya dalam hal memahami perspektif orang lain tentang Yesus. Hal ini tidak berarti kita sepakat dengan ajaran lain, tetapi justru pengetahuan ini bisa menguatkan iman kita di dalam Yesus Kristus.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar