Versus | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Versus


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Versus
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Helen Armada S.
Penerjemah : --
Editor : G. Dyah Paramita P. K.
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2008
Ukuran buku : 18,5 x 11,9 cm
Tebal : 132 halaman
ISBN : 979-17349-5-X
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Kiriman Kontributor

Anda pernah mendengar istilah "versus", bukan? Istilah ini begitu populer di pertandingan olahraga dan pengadilan. Sebagai contoh, team basket SMU X versus SMU Y. Ini berarti team basket SMU X akan bertanding melawan SMU Y. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita juga sering mengalami pertentangan -- keinginan diri sendiri melawan kehendak Tuhan. Dengan mengangkat istilah versus, Helen Armada Setyoputri, seorang alumni Universitas Kristen Duta Wacana, pun menulis sebuah buku yang berjudul "Versus".

Buku "Versus" yang diterbitkan oleh Gloria Graffa ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang banyaknya pertentangan/perlawanan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang di dunia ini yang masih berjuang untuk melawan penjajahan, diskriminasi, ketidakadilan, dan sebagainya. Tidak terkecuali kita sebagai pengikut Kristus. Sebagai anak-anak Allah, kita wajib melawan/menentang rupa-rupa kecemaran, keinginan daging, dan tipu muslihat iblis. Melalui buku "Versus" ini, Helen ingin mengajak umat percaya untuk tetap teguh dalam iman dalam mengerjakan kehendak Tuhan. Seluruh isi buku ini membahas tentang berbagai hal yang saling berlawanan, antara lain:

  1. Sasaran vs Godaan
  2. Asli vs Palsu
  3. Bermakna vs Hambar
  4. Pantang Mundur vs Mudah Menyerah
  5. Membangun vs Menghancurkan
  6. Aktif vs Pasif
  7. Objektif vs Subjektif
  8. Pelaku vs Pendengar Firman

Meskipun buku ini tidak mencantumkan banyak ayat Alkitab, namun setiap penjelasan yang disampaikan oleh penulis sangat alkitabiah. Ilustrasi penjelasan yang disampaikan sangat relevan dengan kehidupan kita sekarang, serta masing-masing bab dijelaskan dengan kalimat yang lugas dan kupasan yang cerdas. Di setiap akhir bab, Anda juga dapat mengikuti doa yang disediakan oleh penulis. Dari segi bahasa, penulis menggunakan gaya bahasa yang sederhana, sehingga bisa dimengerti oleh segala umur dengan berbagai latar belakang pendidikan.

Buku ini ibarat cermin, seperti apakah diri kita dalam hidup sehari-hari dapat dievaluasi dengan membaca buku ini. Bahkan, buku ini juga dapat menyadarkan kita untuk menjalani hidup yang lebih baik. Selamat membaca dan selamat memperoleh berkat.

Peresensi: Tatik Wahyuningsih

Komentar