Tip-Tip Jitu Berbelanja Buku Secara Online | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Tip-Tip Jitu Berbelanja Buku Secara Online


Kategori: Kiat-kiat

Pembelian buku melalui ataupun tidak melalui internet memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Tip-tip ini akan membahas tentang bagaimana kita mengambil manfaat dan menjadikannya sebagai nilai tambah, yang memungkinkan terciptanya peningkatkan efisiensi secara maksimal di tengah kondisi krisis perekonomian saat ini. Bagaimanakah efisiensi berbelanja buku di toko maya melalui internet?

Kita tentu sudah merasakan betapa melelahkan kegiatan memilih buku yang akan dibeli di toko buku (ini sering terjadi jika kita tidak merencanakan sebelumnya), kita juga harus jeli menilai apakah buku itu yang kita butuhkan (tidak sedikit buku berjudul sama tetapi isinya jauh berbeda). Yang mengesalkan juga jika buku yang akan dibeli itu ternyata tidak tersedia di toko tersebut. Oleh sebab itu, kita harus menjelajahi toko-toko buku yang lain. Hal ini melelahkan, bukan? Pada sisi lain, toko buku sangat sedikit memberikan potongan harga untuk buku-buku terlaris; sebagian besar toko buku hanya memberikan diskon pada buku-buku yang sudah mendekati kadaluarsa.

Kita sekarang hidup di dunia dengan teknologi dan gaya hidup yang semakin modern. Toko-toko buku maya sudah menjamur di mana-mana, kita bisa mendapatkan sesuatu dengan mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah. Asal kita memiliki sambungan internet, kita sudah bisa melakukan perburuan buku dengan cepat, tanpa perlu pergi dari satu toko ke toko lainnya ketika yang dicari tidak kita temukan.

Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai sarana berbelanja lewat internet, para penggemar buku-buku terbaru atau novel terbaru sebaiknya berlangganan "Berita Berkala", atau mengakses fitur RSS yang telah tersedia agar kita bisa memeroleh informasi tentang buku-buku terbitan terbaru secara akurat.

Anda bisa membaca tip-tip berikut ini jika Anda ingin membeli atau berbelanja buku lewat internet:

  1. Perhatikan benar-benar reputasi toko buku online tersebut serta keberadaannya. Cobalah untuk menghubunginya terlebih dahulu melalui telepon/e-mail.

  2. Perhatikan apakah Anda mendapatkan respons yang baik? Apakah e-mail yang Anda kirimkan dibalas dengan cepat oleh toko buku online tersebut?

  3. Jika Anda ingin membeli buku tetapi belum mengetahui buku apa yang hendak dibeli, Anda sebaiknya membaca resensi buku atau fitur preview sehingga Anda telah terlebih dahulu memeroleh gambaran lebih jauh tentang kesesuaian isi buku itu dengan kebutuhan Anda, tanpa harus terjebak pada judul buku dan sinopsis pada sampul belakang buku tersebut.

  4. Pertimbangkan sistem pembayarannya. Apakah mereka menawarkan cara berbelanja yang membuat Anda cukup nyaman, misalnya dengan layanan cash on delivery (dibayar tunai pada saat buku sudah diantar) atau dengan transfer ATM. Konfirmasi pembayaran seperti apa yang Anda harus lakukan? Cukup berkirim SMS atau harus mengirimkan bukti transfer?

  5. Pastikan apakah toko buku online tersebut memberikan layanan bergaransi.

  6. Perhatikan jangkauan wilayah pengiriman toko buku online tersebut.

  7. Pastikan apakah tersedia layanan pemesanan selain mengisi form di situs? Apakah pemesanan bisa dilakukan melalui sms, e-mail, atau YM misalnya?

  8. Jika Anda benar-benar tertarik pada sebuah buku dan lalu memutuskan untuk membelinya, simpanlah bukti transfer pembayaran Anda untuk memudahkan Anda jikalau kelak terjadi kekeliruan.

  9. Berhati-hatilah dengan buku bajakan atau buku sampah yang bisa diunduh secara gratis.

Setiap toko buku online memunyai strategi dan ciri-ciri khas masing-masing. Silakan Anda nikmati efisiensi layanan online. Semuanya terserah pada Anda.

Dirangkum dari:

http://www.kangnoval.com/2009/04/tips-membeli-buku-secara-online.html

http://domba-bunting.blogspot.com/2009/12/

Komentar