Tidak Ada Anak yang Sulit | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Tidak Ada Anak yang Sulit


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pelayanan Anak

Judul asli : --
Penulis : Julianto Simanjuntak & Roswitha Ndraha
Penerjemah : --
Penerbit : LK3 Institut Konseling, Jakarta 2008
Ukuran buku : 11 x 18 cm
Tebal : 263 Halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 57/2010

Anak adalah harta keluarga yang paling berharga. Akan tetapi, anak juga bisa menimbulkan masalah keluarga. Tidak sedikit orang tua mengeluh karena keterbatasan pengetahuan mereka tentang perkembangan anak. Perhatian dan dukungan mereka kepada anak juga semakin berkurang seiring dengan peningkatan kesibukan mencari nafkah. Meskipun demikian, proses perkembangan anak tidak dapat dipenuhi dengan memercayakan anak kepada pengasuh atau pihak sekolah. Sebagian orang tua merasa sudah mencukupi kebutuhan anak tetapi mereka tidak memerhatikan perkembangan anak. Akibatnya, mereka menganggap anak-anak itu sulit untuk diasuh. Apakah Anda juga mengalami kesulitan yang sama dalam hal mendidik anak-anak Anda?

Ternyata tugas orang tua tidak sebatas memenuhi kebutuhan jasmani anak tetapi juga kerohanian mereka. Oleh sebab itu, orang tua perlu memiliki pemahaman mengenai metode dan keterampilan praktis untuk mendidik dan membesarkan anak. Menurut Julianto Simanjuntak dan Roswitha Ndraha di dalam buku mereka, "Tidak Ada Anak yang Sulit", Anda dapat menimba banyak ilmu yang memadai untuk "mengontrol" dan mendidik anak dengan tepat. Buku ini memberikan contoh-contoh praktis tentang bagaimana mendidik anak dengan sukacita dan cinta berlimpah tanpa mengurangi atau menghancurkan harga diri mereka. Berdasarkan pengalaman mendidik anak-anak mereka, kedua penulis mengatakan, "Tidak ada anak yang sulit." dengan penjelasan yang lugas dan gamblang, buku ini menyajikan banyak tip dan beraneka ragam kasus yang sering dihadapi orang tua. Buku ini meliputi 13 bab yang antara lain membahas topik-topik "Tidak Ada Anak yang Sulit"; "Ayahku, Andalanku"; "Mendengarkan Suara Hati Anak"; "Bagaimana Bersikap kepada Anak agar Anak Bersikap Baik". Meskipun tidak ada anak yang sulit, bukan berarti segala sesuatu akan berjalan lancar. Orang tua yang mampu berperan optimal akan dapat meminimalkan kemungkinan hilangnya momen indah pertumbuhan anak.

Buku ini sangat tepat dijadikan referensi untuk para orang tua yang bergumul dengan perkembangan putra-putri mereka. Banyak pelajaran praktis di dalam buku ini dapat membantu orang tua untuk menghasilkan anak-anak yang mereka banggakan. Bacalah buku ini dan buktikan sendiri kegunaannya.

Peresensi: Desi Rianto

Komentar