Theologia Penggembalaan | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Theologia Penggembalaan


Kategori: Gereja/Pendeta, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Theologia Penggembalaan
Penulis : Dr. Peter Wongso
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang 1991
Ukuran buku : 20,8 x 14 cm
Tebal : 129 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 132/2013

Apa yang Anda ketahui tentang teologi penggembalaan? Apakah teologi penggembalaan hanya mencakup ilmu kependetaan dalam berkhotbah? Atau, apa saja yang seharusnya dilakukan oleh seorang penggembala jemaat? Jika Anda tertarik untuk memahaminya, buku Theologi Penggembalaan akan menjawab dan memaparkannya bagi Anda.

Teologi penggembalaan mencakup dua bagian besar, yaitu bagaimana menggembalakan gereja dan bagaimana mengajar orang Kristen. Teologi penggembalaan adalah ilmu kepemimpinan penggembalaan (Pastoral Leadership). Tuhan Yesus sangat menjunjung tugas penggembalaan dan Ia memberikan teladan kepada murid-murid-Nya. Tuhan Yesus juga menerapkan prinsip dan pola penggembalaan. Penggembalaan dalam Alkitab terus berkembang. Dimulai dari pola yang sudah ditunjukkan oleh Tuhan Yesus, dan kemudian diteruskan oleh para rasul-Nya. Dalam bukunya, "Theologia Penggembalaan", Dr. Peter Wongso menguraikan setiap pokok bahasan dengan menggunakan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami oleh setiap pembaca. Secara sistematis, Peter Wongso membahas mengenai teologi penggembalaan dan prinsip penggembalaan yang dilakukan Tuhan Yesus. Selanjutnya, ia menguraikan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan pastoral, jenis-jenis pelayanan gereja, dan hal-hal yang sering dialami oleh gembala sidang. Buku ini terdiri atas 15 pasal yang saling berkaitan dan berkesinambungan dengan menggunakan metode deduktif (metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum dan dihubungkan dengan bagian-bagian yang khusus yang berupa studi kasus). Buku ini tergolong buku praktis. Penulis ingin mengajak pembaca tidak sekadar memikirkan hal-hal yang konseptual, tetapi juga bisa mempraktikkan solusi atau langkah-langkah praktis yang sangat berguna dalam penggembalaan.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh semua gembala sidang, aktivis gereja, maupun kaum awam yang memiliki hati untuk bermisi dan kerinduan untuk menggembalakan jemaat Tuhan. Dr. Peter Wongso mengingatkan bahwa pola dan prinsip penggembalaan yang alkitabiah memang harus dilakukan dalam dunia pelayanan. Selamat membaca dan mempraktikkan.

Peresensi: Amidya

Komentar