Teologi Sistematika | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Teologi Sistematika


Kategori: Doktrin, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Teologi Sistematika Volume 6: Doktrin Akhir Jaman
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Louis Berkhof
Penerjemah : Yudha Thianto
Editor : Hendry
Penerbit : Lembaga Reformed Injili Indonesia, Surabaya 1994
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 152 halaman
ISBN : 979-8307-16-X
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 100/2012

Apakah doktrin akhir zaman hanya dimiliki agama Kristen saja? Tidak, agama-agama non-Kristen pun mengakui dan percaya bahwa akhir zaman itu ada. Namun, masing-masing agama memiliki pandangan yang berbeda-beda tentang kapan terjadinya, bagaimana terjadinya, bagaimana keadaan manusia setelah itu, dan seterusnya.

Salah satu buku yang mengajarkan tentang doktrin akhir zaman dari sudut pandang agama Kristen adalah buku yang ditulis oleh Louis Berkhof. Buku ini membahas secara detail tentang segala peristiwa yang terjadi pada akhir zaman, dilihat dari sudut pandang Alkitab. Buku ini dibagi dalam dua poin besar. Pertama adalah "Eskatologi Individual", yang membahas tentang Kematian Jasmani, Imortalitas Jiwa, dan Status Antara. Kedua adalah "Eskatologi Umum", yang membahas Kedatangan Kristus yang Kedua Kali, Pandangan-Pandangan Millenial, Kebangkitan Orang Mati, Penghakiman Terakhir, dan Keadaan Akhir. Di bagian akhir buku, Anda dapat membaca Glossarium (Kosakata Khusus), yang bisa menolong Anda untuk mengetahui arti istilah-istilah khusus yang muncul dalam buku ini. Setiap bab yang dipaparkan selalu diberi penjelasan dengan poin kecil, yang memberikan informasi tambahan yang mendalam dan terperinci. Sesuai dengan judulnya, buku ini lebih menekankan pada pemahaman tentang kebenaran-kebenaran pada akhir zaman. Karena buku ini membahas tentang doktrin, tentu saja ada banyak dasar alkitabiah yang dikutip dan ditekankan. Penjelasan Louis Berkhof sangat mendukung doktrin ini, begitu sistematis dalam bentuk poin-poin yang runtut. Bahasa yang digunakan juga tidak terlalu rumit, sehingga kaum awam pun tidak terlalu sulit untuk memahaminya.

Buku ini direkomendasikan sebagai bahan referensi untuk belajar lebih dalam tentang doktrin akhir zaman yang alkitabiah. Buku ini sangat membantu para mahasiswa teologia atau jemaat yang ingin belajar kebenaran Alkitab, khususnya doktrin akhir zaman.

Peresensi: Yonathan Sigit P.

Komentar