Temperamen Anda Dapat Diubah | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Temperamen Anda Dapat Diubah


Kategori: Resensi Buku Cetak, Konseling

Judul buku : Temperamen Anda Dapat Diubah
Judul asli : Spirit-Filled Temperament
Penulis/Penyusun : Tim LaHaye
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Tyndale House Publishers, Inc., Carol Stream Illinois 1993
Ukuran buku : 13,3 x 20,9 cm
Tebal : 251 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Kiriman Pelanggan e-Buku

Manusia diciptakan dengan temperamen yang unik. Beberapa ahli mengelompokkan temperamen menjadi empat, yaitu sanguin, kolerik, plegmatis, dan melankolis. Manusia juga memiliki sifat-sifat yang beragam. Ada yang introver, ekstrover, aktif, pasif, cenderung pemarah, dan ada juga yang cenderung pendiam. Pertanyaannya, apakah temperamen atau sifat manusia bisa diubah? Apakah orang Kristen [yang sudah dipenuhi Roh Kudus] akan tetap menjadi orang yang sama sesuai dengan sifat bawaan atau akan berubah?

Temperamen manusia bisa berubah. Asalkan ada kemauan untuk introspeksi diri dan melakukan perubahan ke arah yang benar, manusia bisa menjadi lebih baik secara sifat, temperamen, atau karakter. Apalagi jika seseorang menyerahkan diri kepada Kristus. Hal ini sesuai dengan penjelasan yang terdapat dalam buku berbahasa Inggris karya Tim LaHaye yang berjudul "Spirit-Filled Temperament" ini. Buku ini tersusun atas 14 bab yang membahas hal-hal terkait dengan temperamen. Sebagai contoh, bagaimana menerima temperamen kita, temperamen dapat dimodifikasi, duabelas temperamen campuran, dan bagaimanakah seseorang yang kepenuhan Roh Kudus. Buku ini menggunakan kata-kata yang lugas dan tegas, penjelasannya pun sangat sistematis. Selain itu, buku ini ditulis dengan tinjauan psikologis dan juga pendekatan spiritual. Setiap penjelasan didasarkan pada firman Tuhan. Dengan demikian, pengetahuan yang kita peroleh dari buku ini tidak bertentangan dengan Alkitab.

Buku ini tidak hanya perlu dibaca oleh para konselor atau mahasiswa psikologi. Buku ini penting untuk setiap orang, terutama bagi yang belum mengenal temperamen dirinya.

Peresensi: Gita Mahardhika

Komentar