Straight Talk to Men | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Straight Talk to Men


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pria

Judul asli : --
Penulis : Dr. James Dobson
Penerjemah : --
Penerbit : W Publishing Group, USA 1995
Ukuran buku : 15,2 x 22,7 cm
Tebal : 237 halaman
Sumber : Bahan non pub

Dr. James Dobson, pendiri dan presiden dari Focus on the Family, dalam bukunya ini banyak mengutarakan pengalaman pribadinya dalam melayani para konselinya, khususnya para pria, dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup mereka. Permasalahan yang penulis angkat dalam buku ini adalah pria dan masalah-masalah yang berkaitan dengan anak, istri, pekerjaan, emosi, maskulinitas dan relasi pria dengan Tuhan.

Secara keseluruhan, inti yang dikandung dalam buku ini adalah bagaimana peran dan tanggung jawab pria dalam membangun keluarga yang berkualitas seperti yang Tuhan kehendaki.
Ada 5 hal penting yang harus pria perhatikan dalam mewujudkannya, yaitu:

  1. Sikap yang stabil dan mampu memimpin tanpa harus menjadi diktator.
  2. Sistem keuangan keluarga yang stabil.
  3. Anak-anak yang mengenal Tuhan dan mengenal diri mereka sendiri.
  4. Istri yang merasa didukung, dikasihi dan dimampukan.
  5. Waktu yang berkualitas untuk dinikmati dalam kebersamaan dan sikap saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Di satu sisi, karena Dr. Dobson menggunakan gaya bahasa cerita dan isi yang mengungkapkan kejadian sehari-hari, menjadikan buku ini tidak menjemukan untuk dibaca. Di sisi lain, Dr. Dobson mengakui bahwa contoh-contoh yang diberikan dalam buku ini mungkin sudah tidak relevan lagi dengan permasalahan sekarang ini mengingat perkembangan gaya hidup manusia yang terus berubah. Untuk itu, penulis berharap buku ini segera direvisi kembali sehingga buku ini bisa terus mengikuti perkembangan zaman. Meskipun demikian, penyelesaian dari permasalah-permasalahan para pria yang disebutkan dalam buku ini tetap menggunakan prinsip-prinsip Kristen.

Sekalipun buku ini banyak membahas tentang permasalah kaum pria namun tidak rugi seandainya kaum wanita juga membaca buku ini. Terlebih untuk para konselor, buku ini pasti sangat membantu.

Peresensi: C.R. Yuliani

Komentar