Sepuluh Alasan Mengapa Sebaiknya Membaca untuk Anak-Anak Anda | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Sepuluh Alasan Mengapa Sebaiknya Membaca untuk Anak-Anak Anda


Kategori: Artikel

Ciri atau sifat terpenting apa yang ingin Anda kembangkan pada anak Anda? Jika Anda seperti orang tua pada umumnya, kecerdasan anak mungkin ada di urutan teratas dalam daftar Anda. Kita semua menginginkan anak-anak yang cerdas dan pintar. Itulah sebabnya, kita menghabiskan begitu banyak waktu memilih sekolah yang tepat dan memastikan bahwa para guru di sana lebih dari harapan kita. Namun ingatlah, sebagai orang tua, Anda memiliki kemampuan untuk mendorong potensi belajar anak-anak Anda hanya dengan menjadikan buku sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan mereka.

Kita semua tahu bahwa membaca untuk anak-anak kita merupakan hal yang baik, tetapi apakah Anda mengetahui manfaat-manfaat khusus yang dapat diperoleh anak Anda yang masih balita dan yang berusia prasekolah dengan menunjukkan keuntungan membaca? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang menekankan pentingnya membaca bagi anak Anda yang berusia antara 2 -- 5 tahun.

  1. Hubungan yang erat dengan Anda. Ketika anak Anda bertambah besar, ia akan terus bergerak -- bermain, berlari, dan menjelajahi lingkungannya secara terus-menerus. Duduk merapat dengan sebuah buku memungkinkan Anda berdua (dengan anak - Red.) bersantai dan untuk mengulang kembali saat-saat manis yang Anda nikmati sambil menggendong anak Anda yang masih bayi. Alih-alih dianggap sebagai tugas atau kewajiban, membaca justru menjadi aktivitas pengasuhan yang membuat Anda berdua menjadi lebih dekat.

  2. Keunggulan akademik. Salah satu manfaat utama membacakan buku untuk anak balita atau usia prasekolah adalah kemampuan belajar yang lebih tinggi daripada umumnya. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa murid yang akrab dengan membaca sebelum usia sekolah memiliki kecenderungan dapat mengikuti semua aspek pendidikan formal dengan baik. Bagaimanapun juga, jika seorang murid kesulitan untuk merangkai kata-kata dan kalimat, bagaimana ia dapat diharapkan untuk memahami pelajaran matematika, sains, dan konsep sosial yang akan diperhadapkan dengannya ketika ia masuk ke Sekolah Dasar?

  3. Keterampilan dasar berbicara. Selama masa balita dan prasekolah, anak Anda sedang belajar bahasa yang penting dan keterampilan mengucapkan kata-kata dengan jelas. Dengan mendengarkan Anda membaca buku "One Fish Two Fish Red Fish Blue Fish" (karangan Dr. Seuss - Red.), akan memperlancar suara-suara dasar yang membentuk bahasa anak Anda. "Berpura-pura membaca" -- ketika anak balita membuka-buka halaman sebuah buku dengan jeritan dan ocehan kegembiraan -- merupakan aktivitas pramembaca yang sangat penting. Sebagai balita, anak Anda mungkin akan mulai mengucapkan kata-katanya sendiri.

  4. Dasar-dasar bagaimana membaca buku. Anak-anak tidak dilahirkan dengan pengetahuan bawaan yang mengerti bahwa suatu teks dibaca dari kiri ke kanan, atau bahwa kata-kata pada halaman terpisah dari gambar-gambar yang ada. Keterampilan pramembaca yang penting seperti ini merupakan salah satu manfaat utama membaca dini.

  5. Kemampuan komunikasi yang lebih baik. Ketika Anda menyediakan waktu untuk membaca bagi balita-balita Anda, mereka akan memiliki kecenderungan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan berhubungan dengan orang lain dengan cara yang baik. Dengan menyaksikan interaksi antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain dalam buku-buku yang Anda baca, serta kontak dengan Anda selama bercerita, anak Anda mendapatkan keterampilan berkomunikasi yang berharga.

  6. Penguasaan bahasa. Membaca dini untuk balita telah dikaitkan dengan pemahaman yang lebih baik tentang pedoman tata bahasa ketika anak-anak balita tersebut mendekati usia sekolah.

  7. Kemampuan berpikir yang lebih logis. Ilustrasi lain tentang pentingnya membaca untuk anak-anak adalah kemampuan mereka memahami konsep-konsep abstrak, menerapkan logika dalam berbagai situasi, mengenali sebab dan akibat, dan menggunakan penilaian yang baik. Ketika balita atau anak-anak prasekolah Anda mulai menghubungkan cerita dalam buku-buku dengan apa yang terjadi di dunianya sendiri, dia akan menjadi lebih bersemangat terhadap cerita-cerita yang Anda sampaikan.

  8. Keterbukaan terhadap pengalaman-pengalaman baru. Ketika anak Anda menuju tonggak perkembangan utama atau pengalaman yang berpotensi menimbulkan stres, menyampaikan cerita yang relevan merupakan cara baik untuk mempermudah transisi. Misalnya, jika anak Anda merasa cemas saat masuk taman kanak-kanak, membacakan sebuah cerita yang berhubungan dengan topik ini memperlihatkan kepadanya bahwa kecemasannya itu normal.

  9. Peningkatan konsentrasi dan kedisiplinan. Awalnya, balita mungkin akan menggeliat-geliut dan perhatiannya beralih selama mendengarkan cerita, tetapi akhirnya mereka akan belajar untuk tenang selama buku dibacakan. Seiring dengan munculnya pemahaman membaca, akan muncul juga kedisiplinan diri yang lebih kuat, rentang perhatian yang lebih lama, dan daya tahan ingatan yang lebih baik. Semuanya akan mempersiapkan anak Anda dengan baik ketika ia masuk sekolah.

  10. Pengetahuan bahwa membaca itu menyenangkan! Membaca dini bagi balita membantu mereka melihat buku sebagai suatu kesenangan, bukan pekerjaan rumah atau tugas. Anak-anak yang terbiasa dengan membaca, kemungkinan akan lebih memilih buku daripada video games, televisi, dan bentuk-bentuk hiburan lainnya saat mereka tumbuh dewasa.

Buku memiliki kekuatan untuk memberi keuntungan bagi balita dan anak usia prasekolah dalam berbagai cara. Sebagai orang tua, membaca untuk anak Anda merupakan salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkannya dengan dasar yang kuat demi keunggulan akademiknya. (t/Jessica)

Diterjemahkan dari:

Nama situs: Early Moments
Alamat URL : https://www.earlymoments.com
Judul asli artikel : 10 Reasons Why You Should Read to Your Kids
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 19 Agustus 2013

Komentar