Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian


Kategori: Resensi Buku Cetak, Musik dan Pujian

Judul buku : Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : H. L. Cermat
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Lembaga Literatur Baptis
Ukuran buku : 13,5 x 20,5 cm
Tebal : 96 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 94/2012

Banyak lagu rohani Kristen yang kita ketahui dan bisa kita nyanyikan. Namun, apakah kita mengetahui sejarah/riwayat dari terciptanya lagu tersebut? Apakah kita juga mengenal siapa penciptanya dan bagaimana kehidupannya? Mengapa beberapa lagu rohani hanya dinyanyikan oleh gereja aliran tertentu dan dalam kurun waktu tertentu tidak dinyanyikan lagi? Buku berjudul "Riwayat Lagu Pilihan dari Nyanyian Pujian" dapat menjawab pertanyaan Anda.

Buku karya H. L. Cermat ini berisi 15 nyanyian pujian disertai riwayat penciptanya. Salah satu riwayat lagu yang ada di buku ini adalah lagu berjudul "Jiwa Raga Kubaktikan", yang ditulis oleh Frances Ridley Havergal, seorang wanita Kristen saleh berkebangsaan Inggris (1836). Lagu "Jiwa Raga Kubaktikan" ini ditulisnya sebagai ungkapan penyerahannya kepada Tuhan dan lagu ini semakin sempurna dengan penambahan melodi yang digubah oleh ayahnya. Selain riwayat Frances Ridley Havergal dan lagu yang ditulisnya, Anda juga bisa membaca riwayat Frances Jane Crosby (dikenal dengan nama Fanny Crosby) -- seorang wanita buta yang menjadi seorang sastrawati dan mengarang ribuan nyanyian pujian, Joseph Scriven -- seorang yang pernah gagal menikah namun dapat menghibur banyak orang dengan lagu karangannya, dll.. Penyajian lagu-lagu gerejawi lengkap dengan riwayat penulisnya, membuat buku ini berbeda dari buku-buku pujian yang lain. Bahkan, Anda dapat membaca lima belas nyanyian yang dilengkapi dengan not balok, sehingga Anda dapat menyanyikan lagu ini walaupun mungkin Anda belum pernah mendengarnya.

Buku ini sudah seharusnya dibaca oleh umat Kristen, bukan hanya untuk mengenal lagu-lagu gereja, namun juga untuk mendapatkan inspirasi, sehingga kita terus berjuang dan terus bersemangat mengembangkan talenta musik yang mungkin kita miliki untuk Tuhan. Saat Anda membaca buku ini, banyak berkat yang bisa Anda peroleh. Jadi, segeralah membaca buku ini untuk mengenal lebih jauh nyanyian pujian dan riwayat orang-orang yang berada di balik nyanyian pujian ini.

Peresensi: Santi Titik L.

Komentar