Ragam Manfaat Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Ragam Manfaat Membaca


Kategori: Artikel

Banyak manfaat lain yang dapat diperoleh dari membaca daripada sekadar mendapat pengetahuan. Mau tahu apa sajakah manfaat membaca yang lain?

  1. Melatih otak.

  2. Membaca buku melatih pikiran kita. Membaca akan menjaga otot-otot otak dalam bentuk yang sempurna. Ketika membaca, kita berpikir melebihi hal-hal yang ada di pemikiran kita. Hal ini membuat kita menjadi lebih cerdas. Sayangnya, seperti halnya olahraga fisik, membaca juga mengharuskan kita untuk konsisten agar bisa menuai hasilnya.

  3. Membunuh stres.

  4. Stres menjadi kekhawatiran utama bagi para pekerja keras. Kekayaan bahasa dari bahan bacaan memiliki kemampuan untuk menenangkan kita dan menghilangkan stres. Terutama membaca buku fiksi sebelum tidur dianggap menjadi cara yang bagus untuk mengusir stres.

  5. Memperbanyak kosakata.

  6. Ketika membaca bahan dari genre yang berbeda, kita akan menemukan begitu banyak kata yang belum pernah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak perlu melihat ke dalam kamus setiap kali menemukan kata baru, kita bisa mencoba menyimpulkan arti dari kata tersebut dengan membaca konteks kata lain dalam kalimat. Dengan cara ini, membaca buku akan meningkatkan kosakata kita dan meningkatkan ejaan. Secara langsung juga memengaruhi cara berbicara dan berkomunikasi.

  7. Melindungi dari penyakit Alzheimer.

  8. Membaca secara langsung meningkatkan kapasitas otak. Saat membaca, otak kita akan dirangsang. Rangsangan ini secara teratur membantu menangani masalah seperti penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam aktivitas yang melatih otak, seperti membaca buku atau majalah, mengisi TTS, dapat menunda atau mencegah hilangnya memori. Menurut penelitian, kegiatan ini merangsang sel-sel otak saling berhubungan dan berkembang.

  9. Meningkatkan keyakinan.

  10. Membaca buku membuat kita lebih percaya diri tentang pengetahuan dan keterampilan berkomunikasi. Bila kita memiliki pegangan yang kuat pada materi yang sedang dibicarakan, kemampuan presentasi kita akan terlihat. Semua orang akan memandang kita atas pengetahuan yang mendalam dan informasi yang benar tentang materi tersebut. Tentu saja, ini akan mengangkat harga diri kita. Apalagi kalau materi dari bahasa Inggris, kita akan menjadi lebih persuasif, cerdas, dan pandai berbicara.

  11. Membuat kita lebih kreatif.

  12. Satu-satunya cara untuk menjadi lebih kreatif adalah mengekspos diri sendiri dalam berbagai ide. Mulailah membaca buku-buku agar lebih kreatif di tempat kerja atau di rumah. Kegiatan membaca melatih kita untuk memiliki pikiran yang aktif dan terbuka.

  13. Mengembangkan pola tidur sehat.

  14. Bila kita terbiasa membaca sebelum tidur, kebiasaan ini menjadi semacam alarm bagi tubuh sehingga mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur. Akhirnya, itu akan membantu kita untuk bisa tidur nyenyak, dan bangun segar di pagi harinya.

  15. Meningkatkan proses berpikir.

  16. Membaca buku mengharuskan kita berpikir dan membayangkan banyak detail seperti karakter, alur cerita, dll.. Kita juga harus berpikir lebih untuk menyimpulkan banyak hal saat membaca. Inilah yang membantu meningkatkan proses berpikir kita. Kebiasaan membaca menginduksi otak untuk lebih aktif dan siap untuk menyerap lebih.

  17. Meningkatkan konsentrasi.

  18. Pikiran para pembaca biasanya lebih terkonsentrasi dan fokus. Karena fokus ini, pembaca memiliki kemampuan untuk lebih penuh perhatian dan praktis dalam kehidupan. Juga mengembangkan objektivitas dan keterampilan pengambilan keputusan.

Jadi, jangan habiskan waktu berjam-jam hanya menonton TV dan bermain game komputer saja, tetapi habiskan waktu untuk membaca. Bukan hanya menyegarkan otak kita saja, membaca juga akan memberi kita pandangan yang lebih besar terhadap kehidupan.

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Intisari
Alamat URL : http://intisari-online.com/
Judul asli artikel : Membaca Bikin Kita Lebih Kreatif
Penulis artikel : K. Tatik Wardayati
Tanggal akses : 28 November 2013

Komentar