The Puzzle of Jomblo Life | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

The Puzzle of Jomblo Life


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pemuda/Remaja

Judul buku : The Puzzle of Jomblo Life
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Grace Suryani
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Kairos Books, Yogyakarta, 2005
Ukuran buku : 12 x 19 cm
Tebal : 140 halaman
ISBN : 979-99064-9-0
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku edisi 84/2011

Pokok pembicaraan mencari pasangan hidup merupakan sesuatu yang asyik dan menarik untuk diperbincangkan, terutama di kalangan anak muda. Sebelum memasuki sebuah hubungan spesial dengan lawan jenis, setiap anak muda pasti pernah mengalami masa lajang atau "jomblo".

Grace Suryani dengan cermat menuliskan pengalaman dan refleksinya ketika mengalami masa jomblo. Segala hal yang berhubungan dengan jomblo, ia paparkan dengan gaya penulisan yang enak dibaca. Mulai dari halaman pertama, ia mengisahkan pergumulan batinnya ketika menjalani masa lajangnya. Banyak hal yang Tuhan kerjakan dalam hidupnya, bagaimana ia memaknai masa jomblonya, bagaimana ia mempersiapkan dirinya apabila kelak bertemu dengan calon pasangan hidupnya, dan memaknai saat-saat dalam masa jomblo untuk mengerti rencana Tuhan. Walau secara eksplisit Grace mencantumkan gereja tempatnya beribadah, namun nilai-nilai yang disampaikannya menembus batas denominasi dan pengajaran. Ayat-ayat Alkitab yang ditulis pun mendukung setiap peristiwa yang dia alami.

Buku ini sangat cocok untuk anak-anak muda yang tengah gelisah dalam kelajangannya. Buku ini baik pula untuk mereka yang tengah menjalin hubungan pacaran, agar dapat memaknai setiap langkah dalam hubungan bersama dengan Tuhan. Kekurangan dalam buku ini -- menurut saya secara pribadi adalah dalam penggunaan gaya bahasa. Grace menggunakan gaya bahasa seperti yang umum digunakan dalam forum-forum di internet, yaitu bahasa campuran -- antara Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Jawa.

Peresensi: Mikael Rinto

Komentar