Pola Didik Iman Anak | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pola Didik Iman Anak


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pelayanan Anak

Judul asli : Tuntunlah ke Jalan yang Benar
Penulis : Ruth S. Kadarmanto, M.A.
Penerjemah : --
Penerbit : BPK Gunung Mulia, Jakarta 2005
Ukuran buku : 21 x 27 cm
Tebal : 192 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 44/2009

Anak ibarat selembar kertas putih, apa yang digoreskan di sana, baik itu berupa tulisan atau sebuah gambar, maka itulah yang akan melekat. Sekalipun tulisan atau gambar tersebut dapat dihapus, tetapi akan tetap meninggalkan bekas. Sebab itu, orang tua seharusnya memerhatikan pertumbuhan anak-anaknya, baik pertumbuhan jasmani dan rohani. Secara jasmani yaitu dengan memerhatikan makanan yang dikomsumsi anaknya, dan secara rohani dengan cara memerhatikan pengajaran iman yang dikomsumsinya.

Ruth Kadarmanto, melalui bukunya yang diberi judul "Tuntunlah ke Jalan yang Benar", berusaha mewujudkan kerinduannya yang mendalam untuk melengkapi para pendidik agar mereka dapat melaksanakan tugas panggilannya yang mulia dalam mendidik anak. Pendidikan yang diperlukan bagi anak-anak sudah jelas bukan hanya pendidikan yang diterima di sekolah formal, tapi juga di sekolah minggu (SM). Artinya, pendidikan yang dibutuhkan anak-anak bukan hanya yang menyangkut pengetahuan umum, tapi juga pengetahuan iman.

Buku ini sangat menarik, tapi juga praktis; bukan hanya tampilan halamannya yang atraktif, tapi juga memiliki ukuran yang mudah dibawa ke mana-mana dan isinya pun yang sistematis. Selain itu, ada tiga topik yang dibahas secara lengkap. Salah satu topiknya adalah tentang pentingnya menggalang komunikasi dengan anak dan perlunya dibentuk motivasi mengajar yang benar dari para pengajar SM. Setelah terbentuk motivasi mengajar yang benar, diharapkan para guru sekolah minggu (GSM) belajar mengenal anak yang dilayani dengan berbagai pendekatan psikologis yang disarankan sehingga para GSM memiliki keterampilan untuk mengenal kemampuan belajar anak terhadap Tuhan, gereja, Alkitab, dan orang lain.

Buku ini ditulis untuk lebih memperlengkapi para pengasuh/pengajar, khususnya GSM agar dapat mengajar anak-anak sekolah minggu (ASM) dengan lebih baik dan kreatif, karena penulis melihat adanya ketergantungan pelaksanaan SM kepada para GSM. Bagian paling menarik dari buku ini yaitu penguraian secara rinci tentang teknik-teknik bercerita dan strategi memperkenalkan Alkitab secara kreatif, juga cara-cara mengajarkan anak berdoa dalam berbagai kegiatan. Agar para GSM memiliki kompetensi sebagai pengajar, maka buku ini akan cukup memperlengkapi dalam berbagai hal, seperti pengetahuan Alkitabiah secara garis besar. Selain itu, buku ini juga menuliskan sejarah dan perkembangan pendidikan agama Kristen, psikologi anak, dasar-dasar pedagogi, dan tidak ketinggalan, paket kurikulum dari kelompok umur anak SM serta latihan-latihan tentang kegiatan anak di SM serta contoh-contoh berbagai bentuk kegiatan di SM.

Penulis buku ini, yaitu Ruth Kadarmanto, adalah seorang Dosen Pendidikan Agama Kristen di STT Jakarta dengan pengalaman mengajar belasan tahun. Dengan wawasan pedagogi yang kuat, beliau memberikan perhatian besar pada bidang pendidikan agama Kristen dan memunyai beban untuk memperlengkapi para pengajar, pengasuh, dan GSM.

Diambil dan diringkas dari:

Nama situs : BPKGM.com
Peresensi : Dra. Iyun Antonio M.M.
Alamat URL : http://www.bpkgm.com/

Komentar