Pertumbuhan Rohani Melalui Disiplin | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pertumbuhan Rohani Melalui Disiplin


Kategori: Hidup Kristen, Resensi Buku Online

Judul asli : --
Penulis : Charles Riggs
Penerjemah : Paul Hidayat
Penerbit : Persekutuan Pembaca Alkitab
Ukuran buku : --
Tebal : 70 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 49/2009

Asumsikan saja Anda telah mendengar banyak hal tentang buku "Pertumbuhan Rohani Melalui Disiplin" karya Riggs ini, namun belum pernah membacanya. Anda telah mendengar bahwa buku ini adalah buku pembinaan yang dipakai untuk tindak lanjut dari seluruh KKR Billy Graham selama bertahun-tahun. Buku ini juga direkomendasikan oleh Dawson Trotman, pendiri The Navigators, untuk dipergunakan sebagai bahan praktis pembinaan kaum awam. Buku ini bahkan telah diterjemahkan ke banyak bahasa dan telah dipakai di berbagai tempat sebagai bahan Penelaahan Alkitab (PA) dalam kelompok. Bagaimana kira-kira bayangan Anda akan isi buku ini?

Salah sama sekali, jika Anda berpikir di dalamnya ada teknik-teknik terkini dan metode-metode canggih untuk menarik dan membimbing orang seperti kebanyakan modul PA/pelatihan modern. Salah pula jika Anda mengira di dalamnya akan ada khotbah-khotbah atau tulisan-tulisan yang ditulis orang-orang kenamaan dengan metode cerita yang menarik atau pembahasan Alkitab yang kompleks. Pokok bahasan dalam buku ini malah terbilang sangat sederhana, bahkan bentuk penyajian PA-nya terbilang primitif seperti buku-buku awal yang dipakai untuk PA. (Bandingkan dengan kebanyakan buku PA sebelum 1990-an, buku ini bisa jadi salah satu yang mempelopori bentuk bahan PA dengan pertanyaan isian).

Lalu apa yang menjadikannya istimewa? Justru kesederhanaannya tadi. Dengan semata-mata bertumpu pada kebenaran firman Tuhan, buku ini menjadi alat bantu bagi orang-orang yang hidup untuk Tuhan untuk membimbing dan mengajar orang lain. Metode yang sederhana: 30 hari pembahasan tentang hal-hal pokok dalam kehidupan Kristen, dengan 6 ayat Alkitab pilihan untuk tiap pembahasan, serta 1 lembar isian untuk membahas salah satu ayat itu. Lalu ada diskusi yang dipandu oleh pemimpin kelompok, tugas-tugas untuk dikerjakan, dan disiplin-disiplin rohani yang diterapkan dalam hidup sehari-hari tiap anggota kelompok. Buku ini membantu mengajarkan inti dari kehidupan Kristen (hakikat keselamatan, ketuhanan Kristus, ibadah, ketaatan, komitmen dalam hidup sehari-hari, dll.) dengan menuntut setiap penggunanya menghidupi sungguh-sungguh ajaran itu. Penuh kedisplinan, penuh ketaatan. Lebih dari sekadar mutakhirnya tata cara dan indahnya bahasa, pola buku ini jauh sebelumnya telah diterapkan oleh penyusun Charles Riggs. Selaku salah seorang mentor di The Navigators yang memiliki latar belakang dunia militer, Riggs telah menggagas metode sederhana namun penuh kedisiplinan untuk membimbing orang, itulah yang akhirnya didokumentasikan dalam buku ini. Tidak muluk-muluk, namun menyentuh inti dari kehidupan Kristen. Mengetahui hal itu kemungkinan besar kita masih bisa mengimprovisasi metodenya. Meski demikian, para pembimbing di zaman modern ini pun tetap beroleh manfaat dari kesederhanaan dan kedalaman tuntutan kesungguhan hidup Kristen yang diuraikan dalam buku ini.

Buku elektronik ini dapat Anda baca di:

Nama situs : PEPAK
Alamat URL : pepak.sabda.org

Peresensi: Risdo M. Simangunsong

Komentar