Perawatan Rak Buku | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Perawatan Rak Buku


Kategori: Kiat-kiat

Di dalam ruang kerja, keberadaan buku dan raknya tak bisa dihindari. Jika tidak ditata dengan baik, buku-buku dan rak yang berantakan dapat memberikan kesan sumpek pada ruang kerja. Nah, agar tampilan ruang kerja bisa menambah semangat, beberapa langkah berikut ini bisa Anda terapkan untuk merapikan rak buku.

  1. Pilih Bahan

  2. Pilihlah rak dengan bahan yang kuat dan aman, seperti dari bahan kayu, aluminium, atau baja. Pastikan setiap material yang dipilih sudah mengalami pelapisan sehingga tak membahayakan buku-buku koleksi Anda.

  3. Penutup Kaca

  4. Jika menggunakan rak tertutup, sebaiknya gunakan penutup kaca. Hal ini perlu dilakukan agar Anda tetap dapat melihat buku-buku yang ada tanpa harus membukanya.

  5. Sirkulasi Udara

  6. Jaga kelembapan rak dengan cara tidak meletakkan buku terlalu rapat satu dengan lainnya. Hal ini akan memberi sirkulasi udara bagi buku dan mencegah gesekan antarbuku yang menyebabkan buku rusak. Juga, jangan meletakkan rak menempel pada dinding yang di belakangnya.

  7. Bahaya Organik

  8. Letakkan rak dan buku jauh dari tanaman dan makanan karena buku mengandung zat organik tertentu yang disukai oleh serangga dan tanaman.

  9. Matahari

  10. Jangan letakkan rak buku di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Ini akan membuat warna dan tulisan buku cepat pudar.

  11. Suhu

  12. Meletakkan rak buku di tempat ber-AC merupakan pilihan yang tepat karena dengan begitu Anda bisa mengontrol kelembapan dan suhu udara ruangan. Suhu yang terlalu panas akan membuat buku cepat rapuh dan suhu yang terlalu lembap membuat buku cepat rusak. Itulah sebabnya, Anda perlu mengatur AC dalam skala yang tepat.

  13. Letak Buku

  14. Letakkan buku dalam posisi berdiri dan jangan biarkan punggungnya berada di atas karena tekanan gravitasi bisa mengendorkan jilid buku. Juga, jangan menumpuk buku satu dengan lainnya karena buku yang berada di bawah akan menanggung beban buku di atasnya sehingga jilidnya akan rusak.

  15. Ukuran

  16. Agar mudah dicari, tatalah buku menurut aturan tertentu, misalnya menurut ukurannya atau menurut topik/judulnya. Pengaturan pemisahan buku menurut ukuran mencegah buku dari kerusakan.

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Kompas.com - Female
Alamat URL : http://female.kompas.com/
Judul asli artikel : Perawatan - Rak Buku Rapi, Semangat pun Luar Biasa...
Penulis : Johana Erly Widyartanti
Tanggal akses : 1 Juli 2013

Komentar