Pentingnya Doa Keluarga | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pentingnya Doa Keluarga


Kategori: Kesaksian Pembaca

Ditulis oleh: Desi Rianto

Keluarga merupakan lembaga pertama yang dibuat oleh Allah. Karena Allah menjadi kreator awal keluarga, sudah sepatutnya keluarga menjadi kesaksian indah yang memancarkan kasih Allah. Sebaliknya, apabila keluarga gagal mencerminkan kasih Allah, maka keluarga gagal menunjukkan identitas keindahan keharmonisan sebagai keluarga Allah. Bukan hanya itu saja, keluarga juga diberi wewenang oleh Allah sebagai tempat pembelajaran pendidikan utama untuk anak. Oleh karena itu, setiap orang tua harus menanamkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan di dalam diri anak dan mengajar anak tentang hal berdoa.

Buku "Keluarga Kristen yang berdoa" yang ditulis oleh Rosalind Rinker, seorang yang bertahun-tahun berkecimpung sebagai guru dan penasihat keluarga, membagikan pengalamannya mengenai cara bermanfaat dan praktis untuk menciptakan waktu doa dalam keluarga. Buku ini dibagi menjadi 3 bagian, bab pertama diawali peran orang tua dalam keluarga, bagian kedua tentang pelajaran untuk orang tua dan anak-anak perihal berdoa yang terdiri dari 4 dasar, dan bagian ketiga yang berisi renungan harian selama 30 hari yang dilengkapi dengan pertanyaan- pertanyaan yang memperdalam bahasan tiap-tiap hari.

Buku ini sangat memberkati saya secara pribadi, terkhusus karena buku ini mengajarkan saya mengenai berdoa. Bab yang berjudul Berdoa untuk Orang Lain, pada bagian kedua inilah yang sangat berkesan bagi saya. Sering kali, saya masih terjebak dengan kebutuhan saya dan keluarga saya sendiri. Melalui bab ini, saya ditegur untuk ingat dan bersedia berdoa untuk orang lain juga. Dengan demikian, saya tidak menjadi egois, namun bisa menempatkan diri menjadi anggota tubuh Kristus, yang juga turut merasakan pergumulan orang lain dan membantu meringankan beban mereka, walaupun tidak secara langsung. Selain itu, cara-cara praktis yang diberikan penulis dalam setiap bab sangat menolong saya untuk menciptakan mezbah doa dan kehidupan saya pribadi dan keluarga. Bahkan, fakta kehidupan praktis yang dipaparkan oleh penulis sangat menolong saya untuk semakin menyadari kepentingan saling mengasihi dan mendoakan sebagai satu bagian dalam tubuh Kristus. Melalui buku ini, saya benar-benar diberkati dan dimantapkan untuk membangun mezbah keluarga yang kuat, baik saya yang saat ini masih berada dalam posisi sebagai anak maupun nanti saat saya menjadi orang tua. Doa adalah kebutuhan saya yang terutama, karena Dia di dalam saya dan saya di dalam Dia. Terpujilah Tuhan!

Informasi buku:

Judul asli buku : Keluarga yang Berdoa
Judul buku terjemahan : How To Have Family Prayers
Penulis : Rosalind Rinker
Penerjemah : Kristihandari PK
Editor : Dra. Suzana Sugito
Penerbit : Yayasan ANDI, Yogyakarta 2001
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 173 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --

Komentar