Pengenalan Alkitab | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pengenalan Alkitab


Kategori: Doktrin, Resensi Buku Cetak, Pendalaman Alkitab

Judul buku : Pengenalan Alkitab
Judul asli : Knowing Scripture
Penulis/Penyusun : R.C. Sproul
Penerjemah : Dra. Nani Tjahjani, M.Div.
Editor : --
Penerbit : Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang 1994
Ukuran buku : 14 x 21 cm
Tebal : 140 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 93/2012

Alkitab adalah firman Allah, wahyu Allah yang tertulis bagi manusia. Alkitab merupakan sumber kebenaran, pedoman, iman, dan pengajaran yang mendatangkan hikmat bagi manusia. Untuk itu, setiap orang Kristen wajib mempelajari Alkitab dengan sungguh-sungguh. Selain untuk menguatkan kita agar tidak mudah diombang-ambingkan oleh ilah zaman atau rupa-rupa pengajaran sesat, mempelajari Alkitab juga dapat membantu kita untuk menguatkan saudara seiman yang lemah iman.

Seorang pendeta, profesor mata kuliah Apologetika dan Teologi Sistematika, dan sekaligus Direktur Prison Fellowship di Amerika, R.C. Sproul, menyusun karya tulis yang bertujuan membantu orang-orang Kristiani dalam menggali sendiri makna Alkitab. Alumnus dari Westminstrer College, Pittburgh Theological Seminary, dan Free University of Amsterdam ini menjelaskan dengan sangat gamblang tentang pentingnya belajar firman Tuhan dan metode penafsiran, serta implementasinya melalui bukunya, "Pengenalan Alkitab".

Ada enam hal utama yang diuraikan R.C. Sproul dalam buku ini, keenam hal utama itu adalah Perlukah Belajar Alkitab, Pemahaman Alkitab Pribadi dan Penafsiran Pribadi, Hermeneutika (Ilmu Tafsir), Aturan-Aturan Praktis Penafsiran, Budaya dan Alkitab, serta Peralatan Praktis untuk Menafsir Alkitab. Di dalam buku ini, R.C. Sproul menyampaikan penjelasannya dengan tajam dan mendalam. Walaupun ia menggunakan cukup banyak istilah teologi, namun semuanya dijelaskan dengan sederhana disertai dengan contoh-contoh yang relevan, sehingga pembaca tetap dapat memahami maksud dari pesan yang terkandung di dalamnya. Buku "Pengenalan Alkitab" ini menawarkan banyak pengetahuan dan cara-cara tepat, agar orang-orang percaya awam maupun terdidik dapat mempelajari Alkitab dengan cara yang benar. Buku ini sangat bermanfaat, baik untuk studi dasar maupun studi lanjut.

Jika Anda rindu mendalami Alkitab, gunakan buku ini sebagai pendamping Anda. Kiranya melalui buku ini, kehidupan kita semakin bertumbuh di dalam Dia dan semakin mantap dalam pengenalan akan Tuhan.

Peresensi: Desi Rianto

Komentar