Pengantar Perjanjian Baru | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pengantar Perjanjian Baru


Kategori: Resensi Buku Cetak, Biblika

Judul asli : --
Penulis : Adina Chapman
Penerjemah : --
Penerbit : Yayasan Kalam Hidup, Bandung 1995
Ukuran buku : 14,5 x 21 cm
Tebal : 182 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 58/2008

Keuntungan utama mengetahui banyak informasi tentang latar belakang Perjanjian Baru (PB) ialah bahwa hal tersebut dapat memperkaya wawasan dalam memberikan interpretasi (penafsiran) terhadap isi firman Tuhan dalam kitab-kitab PB. Keuntungan yang seperti itulah yang hendak ditawarkan oleh buku "Pengantar Perjanjian Baru" terbitan Yayasan Kalam Hidup ini.

Bagian pendahuluan buku ini memberikan gambaran tentang keadaan pada periode pertengahan Perjanjian Lama (PL) dan PB yang ditinjau baik dari segi agama maupun dari segi politik. Hal ini memang penting sebagai latar belakang isi PB. Selanjutnya pada bagian isi, buku ini membahas tiap-tiap kitab dalam PB ditinjau dari segi pandangan penulis kitab, keadaan para penerima kitab, serta maksud dan latar belakang tiap-tiap kitab ditulis.

Ditinjau dari segi isi, buku tulisan Adina Chapman ini dapat dikategorikan sebagai bahan survei atau pengantar pelajaran yang sifatnya "sederhana". Dapat dikatakan sederhana karena: Pertama, uraian dari buku ini lebih banyak bersifat ikhtisar dan bukannya pembahasan yang cukup komprehensif. Kedua, dalam hal kepustakaan misalnya, buku ini tidak memiliki catatan dan daftar pustaka yang cukup luas. Tetapi mungkin justru karena sifatnya yang sederhana itulah, buku ini memiliki keunggulan dalam hal penyampaian materi dengan serba ringkas namun padat. Dan hal yang seperti ini tentunya akan sangat menolong para pendeta dan majelis dalam menyampaikan khotbah atau renungan yang berhubungan dengan kitab PB, yang karena kesibukan hanya memiliki sedikit waktu dalam mempersiapkan diri. Sebagai sebuah buku pengantar, buku ini cukup memenuhi tujuannya.

Peresensi: Wilfrid Johansen

Komentar