Pemuda dan Krisis Zaman | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pemuda dan Krisis Zaman


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pemuda/Remaja

Judul buku : Pemuda dan Krisis Zaman
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Pdt. Dr. Stephen Tong
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : STEMI, Jakarta 1996
Ukuran buku : 11 x 18 cm
Tebal : 91 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku edisi 41/2009

Sadarkah para pemuda akan realitas yang terjadi dalam zaman ini? Sadarkah para pemuda akan keberadaannya dalam zaman ini? Sanggupkah para pemuda menghadapi zaman ini? Atau bahkan lebih dalam lagi, sanggupkah mereka berdiri tegar dalam arus zaman ini?

Buku ini disarikan dari khotbah Pdt. Stephen Tong dengan tema "Pemuda dan Krisis Zaman" pada tahun 1995. Di bagian awal buku, penulis mengajak kita untuk mengenal bahwa diri kita masing-masing diciptakan dan hidup dalam kurun waktu dan zaman tertentu. Penulis juga mendeksripsikan golongan-golongan pemuda yang bisa dikategorikan melalui cara mereka hidup dalam zaman di mana mereka hidup.

Lalu penulis mengajak kita untuk mengenal zaman di mana kita hidup dan ditempatkan. Konteks pada saat itu adalah pada akhir abad ke-20, sehingga pengkhotbah mendeskripsikan abad seperti apakah abad ke-20. Berbekal pengetahuan ini, penulis memberikan langkah-langkah sistematis kepada kita sebagai pemuda Kristen, bukan hanya untuk berdiri tegar dan tidak termakan oleh arus zaman, tapi untuk bisa menang dan memberi jawaban dalam zaman ini.

Penulis mengajak setiap pemuda untuk bukan hanya mengenal zaman kita, tapi juga memiliki kepekaan terhadap potensi dan krisis dari zaman kita, karena dengan demikian baru sebagai orang Kristen, kita mampu bersaksi dan menjawab tantangan, bahkan memberi tantangan kepada zaman yang krisis ini.

Walaupun buku ini ditulis pada tahun 1995 yang berarti pada akhir abad ke-20, namun buku ini sangat relevan buat kita yang sekarang sudah memasuki awal abad ke-21. Buku ini bisa memberikan modal bagi kita, paling tidak untuk mengenal dan menganalisa zaman kita sekarang ini, awal abad ke-21.

Bagian akhir buku ini juga mengandung tanya jawab dan apendiks yang berjudul Pemuda dan Gerakan Zaman Baru. Di dalamnya kita bisa secara singkat mengidentifikasikan Gerakan Zaman Baru yang merupakan pencemaran filsafat yang sangat mengerikan di zaman ini dan sudah banyak diaplikasikan dalam pola kehidupan sekarang. Dengan menggunakan pemakaian tata bahasa yang sangat sederhana dan ringkas, namun jelas dan berbobot, buku ini mampu menstimulir para pemuda untuk berpikir dengan mendalam dan menyadari akan pentingnya keberadaan dirinya di tengah-tengah zaman yang krisis ini.

Diambil dari:

Nama situs : Buletin Pillar
Peresensi : Heryanto Tjandra
Alamat URL : http://www.buletinpillar.org/

Komentar