Pelayanan Perkotaan (Tanggung Jawab Setiap Umat Kristen) | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Pelayanan Perkotaan (Tanggung Jawab Setiap Umat Kristen)


Kategori: Penginjilan, Resensi Buku Cetak

Judul asli : --
Penulis : Herlianto
Penerjemah : --
Penerbit : Yabina, Bandung 1998
Ukuran buku : 13 x 19 cm
Tebal : 191 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 47/2009

Allah menghendaki agar kita tidak hanya beribadah secara vertikal, namun juga secara horisontal. Artinya, selain beribadah dan memuji Tuhan, kita pun wajib mengasihi dan peduli terhadap orang-orang di sekitar kita. Salah satunya adalah dengan pelayanan kota, lingkungan yang rentan dengan berbagai masalah sosial.

Diawali dengan pembahasan pendahuluan gambaran situasi kependudukan di kota, buku "Pelayanan Perkotaan" memaparkan pula fakta-fakta tentang kemerosotan lingkungan, khususnya lingkungan fisik dan hal-hal yang menyebabkan makin meluasnya kemiskinan dan kesenjangan sosial antarwarga kota. Penulis mengajak pembacanya untuk menyikapi hal ini dengan memikirkan pelayanan kota secara holistik, berdasarkan Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, maupun sejarah gereja. Selain itu, Herlianto pun melampirkan kiat-kiat untuk melakukan pelayanan perkotaan serta beberapa contoh bagaimana menyusun usulan pelayanan. Jika Pembaca ingin mencari referensi lain, penulis juga menyertakan bahan-bahan kepustakaan di akhir buku ini.

Walaupun masih ada beberapa kesalahan ejaan, namun pemaparan isi buku ini sangat lugas dan tajam. Pengutipan hasil wawancara dengan beberapa orang yang terdengar ketus, membuat buku ini terkesan mengkritik bagi sebagian orang. Diharapkan, setiap pemaparan mampu menyadarkan seluruh pembacanya, khususnya umat Kristen, untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar