The Pastor and The Personal Computer | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

The Pastor and The Personal Computer


Kategori: Resensi Buku Cetak, Teknologi Informatika dan Kekristenan

Judul buku : --
Judul asli : The Pastor and The Personal Computer
Penulis/Penyusun : William R. Johnson
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Abingdon Press, Nashville 1985
Ukuran buku : 13,5 x 21,5 cm
Tebal : 224 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download :
Sumber : Pub. e-Buku edisi 65/2010

Buku ini memang ditulis 25 tahun yang lalu ketika komputer masih belum umum digunakan, terlebih lagi oleh hamba-hamba Tuhan. Namun William Johnson, sebagai salah satu hamba Tuhan pengguna awal komputer, melalui bukunya ini telah berusaha membagikan pengalamannya tentang kelebihan komputer dan bagaimana teknologi dapat digunakan untuk melayani Tuhan dan jemaat-Nya. Yang cukup mencengangkan, beberapa dari pemikirannya masih relevan hingga saat ini dan dapat digunakan untuk pelayanan maupun gereja kita!

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu perihal komputer, pemakaian komputer dalam pelayanan pastoral, dan diakhiri dengan dampak-dampak negatif yang perlu diperhatikan dari pemakaian komputer di gereja. Dari ketiga bagian tersebut, buku ini masih dibagi lagi menjadi 13 bab. Secara khusus bab 11 menunjukkan manfaat adanya komputer bagi hamba Tuhan. Dengan bantuan komputer, seorang pendeta dapat mencari berbagai buku tafsiran, kamus, dan konkordansi dengan cepat dan efisien. Bila dibutuhkan, pendeta dapat mencetak hasil pencariannya di kertas atau menambahkan catatan pribadinya untuk hasil pencarian tersebut. Dengan bantuan komputer, apalagi sekarang sudah ada internet, seorang pendeta juga bisa mencari ilustrasi yang berkaitan dengan tema khotbahnya dengan mudah. Sementara itu pada bab terakhir, penulis memberikan kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan teknologi bagi pelayanan Kristen.

Meski buku cetak tidak bisa mengimbangi cepatnya laju perkembangan teknologi, namun masih ada hikmat yang dapat kita ambil dari buku ini.

Peresensi: Kusuma Negara

Komentar