Metodologi Membaca Alkitab yang Efektif | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Metodologi Membaca Alkitab yang Efektif


Kategori: Resensi Buku Cetak, Pendalaman Alkitab

Judul asli : --
Penulis : Paulus Daun
Penerjemah : --
Penerbit : Yayasan Daun Family, Manado 2001
Ukuran buku : 12,5 x 21 cm
Tebal : 68 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 61/2010

Firman Tuhan merupakan tuntunan bagi orang percaya dalam menjalani kehidupan ini dan merupakan makanan rohani yang menumbuhkan hidup rohani anak-anak Tuhan. Namun meskipun orang Kristen menyadari pentingnya firman Tuhan, tidak semuanya memperlakukan firman Tuhan sebagai hal yang penting dalam kehidupan. Alkitab sering kali hanya dijadikan sebagai identitas bahwa mereka beragama Kristen. Bahkan banyak juga dari antara mereka yang tidak bergairah untuk membaca apalagi menggali firman Tuhan. Menurut Pdt. Paulus Daun, hal tersebut disebabkan karena banyak umat Kristen yang hanya tahu membaca namun tidak tahu cara menggali firman Tuhan. Oleh karena itu, orang Kristen perlu mengetahui metodologi membaca Alkitab yang benar sehingga dapat membaca Alkitab dengan cara yang lebih bertanggung jawab. Melalui buku "Metodologi Membaca Alkitab yang Efektif", penulis ingin membawa para pembacanya kembali memiliki kegairahan dalam membaca firman Tuhan, sehingga firman Tuhan itu hidup dalam hidup setiap orang percaya.

Buku ini dimulai dengan proses membaca Alkitab yang diawali dengan doa, pembacaan firman, proses merenungkan firman Tuhan, dan menggalinya. Pada bagian kedua dibahas secara khusus mengenai metodologi pembacaan yang dibagi dalam lima metode. Metode Biografis, yaitu metode pembacaan Alkitab dengan cara menyelidiki tokoh-tokoh dalam Alkitab. Metode Koneksitas yaitu membaca Alkitab dengan mencari dan mengumpulkan fakta-fakta yang berhubungan dengan bagian kitab yang kita baca agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh. Metode Teologis, membaca Alkitab ditinjau dari aspek teologis, seperti aspek kristologi, soteriologi, dsb.. Metode Geografis/Sosiologis mengajak pembaca untuk memahami firman Tuhan dengan melihat keadaan tempat/status sosial. Terakhir adalah Metode Topikal adalah metode memahami Alkitab dari satu aspek khusus dan memerlukan alat-alat biblika. Setiap metode di atas diberi contoh-contoh kasus, sehingga lebih memudahkan pembaca dalam menerapkan setiap metode tersebut.

Mulai dari proses membaca Alkitab sampai dengan semua metode memahami firman yang telah dituliskan, semuanya merupakan pengalaman pribadi penulis selama 40 tahun dalam membaca firman Tuhan.

Peresensi: Davida Evie Wisnubroto

Komentar