Menjadi Pintar dengan Membaca Pintar | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Menjadi Pintar dengan Membaca Pintar


Kategori: Kiat-kiat

Orang yang pintar hampir dapat dipastikan suka membaca. Melalui membaca, Anda akan menemukan berbagai macam informasi yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya. Namun, terkadang Anda sulit memahami isi sebuah buku. Oleh sebab itu , sebaiknya Anda mulai belajar cara membaca yang pintar.

Pertama, bacalah terlebih dahulu bagian-bagian penting buku yang akan Anda baca. Mulailah dengan membaca resensi buku, biografi penulis, kata pengantar, dan daftar isi. Keempat hal tersebut dapat memberikan Anda gambaran mengenai kualitas buku yang akan Anda baca.

Kedua, ubahlah segala macam kebiasaan buruk Anda dalam membaca. Hindari kebiasaan-kebiasaan seperti, membaca sambil menggerakan bibir, menunjuk tulisan, dan membaca dengan suara keras. Semua hal tersebut dapat memboroskan waktu Anda dalam membaca.

Ketiga, mulailah berlatih membaca dengan cepat. Melalui membaca cepat, Anda dapat menghemat waktu membaca. Selain itu, kecepatan membaca Anda pun akan terus meningkat. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikan kata-kata bantu seperti, di, ke, dari, dan, atau, serta yang. Tujuannya adalah agar teks yang Anda baca semakin ringkas dan mempersingkat waktu membaca.

Keempat, bacalah buku per paragraf secara teratur. Jangan melompat ke paragraf selanjutnya sebelum Anda menyelesaikan paragraf yang awal. Setelah selesai membaca beberapa halaman dari buku tersebut, tanyakanlah kepada diri Anda beberapa pertanyaan dari bacaan tersebut. Jika Anda belum dapat memahaminya, bacalah buku tersebut sekali lagi.

Kelima, temukan ide pokok pada buku yang Anda baca. Setelah itu, bacalah lebih kritis, jika perlu siapkan catatan kecil untuk bagian bacaan yang perlu diingat. Melalui cara membaca seperti ini, pemahaman Anda akan buku tersebut akan lebih mendalam lagi.

Keenam, cobalah konsentrasi dalam membaca bacaan yang cukup berat. Fokuskan pikiran pada setiap kata-kata yang sulit. Jika perlu, carilah arti dari kata-kata sulit tersebut dalam kamus.

Ketujuh, gunakan setiap waktu luang Anda untuk membaca. Usahakan Anda selalu membawa buku bacaan yang seukuran dengan saku atau surat kabar. Tujuannya agar Anda dapat membaca buku tersebut kapan saja. Hasilnya, Anda akan bertambah pintar dan waktu pun tak terbuang sia-sia.

Diambil dari:

Nama surat kabar : harian Kompas
Edisi : Minggu, 19 Oktober 2008
Penulis : Ino
Halaman : 24

Komentar