Menjadi Andal | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Menjadi Andal


Kategori: Resensi Buku Cetak, Kepemimpinan

Judul asli : --
Penulis : Yohanes Heryjanto
Penerjemah : --
Penerbit : Andi Offset, Yogyakarta 2005
Ukuran buku : 12 x 19 cm
Tebal : 146 halaman
Sumber : sabda.org

Di balik setiap tokoh sukses sering terdapat seorang pendamping yang mungkin kurang dikenal -- sang pendamping itu berperan mengantarkan sang tokoh hingga menjadi orang terkenal. Padahal, sebagian orang berciri-ciri kepribadian tertentu secara bawaan selalu ingin tampil, diperhatikan, dan diidolakan umum. Peribahasa Tiongkok mengatakan, "Di balik setiap orang andal selalu terdapat orang-orang yang andal".

Buku karya Yohanes Heryjanto "Menjadi Andal" merupakan kumpulan tokoh-tokoh Alkitab yang tidak memiliki nama besar. Mereka umumnya termasuk "orang-orang kecil" yang tidak cukup diperhatikan para pembaca Alkitab. Namun yang menarik, tokoh-tokoh yang disebutkan dalam buku ini ternyata berperan cukup besar untuk mendukung sang tokoh utama. Sebut saja tokoh Akwila dan Priskila, yang meskipun tidak bernama besar, telah berperan penting dalam pelayanan Paulus. Keduanya memulai perannya sebagai penunjang pelayanan Rasul Paulus. Sukses pelayanan Paulus di Korintus dan Efesus melibatkan Akwila dan Priskila sebagai pendukung dari garis belakang. Alkitab mencatat beberapa tokoh pendamping lainnya, di antaranya Barnabas, Lidya, Benaya, dsb.. Mereka tidak pernah menjadi pusat pembicaraan, tetapi telah berperan besar di balik seorang tokoh besar.

Buku ini dikemas dengan gaya bahasa cukup lugas, sehingga mudah untuk dibaca dan dimengerti pembaca. Penulis memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk penerapan praktis. Buku ini menarik karena menolong pembaca untuk bercermin dari setiap tokoh pendamping tersebut. Anda sebaiknya membaca buku ini, untuk memastikan bahwa Anda termasuk orang-orang andal yang dipilih oleh Allah.

Soli Deo Gloria.

Peresensi: Desi Rianto

Komentar