Mendorong Pembaca agar Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mendorong Pembaca agar Membaca


Kategori: Kiat-kiat

Anak-anak masih memerlukan dukungan dan dorongan yang berkesinambungan untuk menjadi pembaca yang teliti. Banyak orang tua mengeluh bahwa meskipun dapat, anak-anak mereka tidak membaca kecuali bila dipaksa. Banyak alternatif yang menarik sehingga tidak mudah agar anak bersikap antusias terhadap buku.

Anda dapat membantu menciptakan waktu bagi anak-anak untuk membaca bebas dari pengalihan perhatian; Anda dapat memperkenalkan mereka pada buku-buku yang mungkin akan dinikmati dan membantu mengembangkan selera mereka sendiri. Bujuklah dan bimbinglah mereka untuk membaca, namun usahakan agar buku tidak menjadi pokok pertengkaran.

Membaca keras-keras
Teruskan membacakan buku untuk anak Anda meskipun sekarang ia mampu membaca sendiri. Itu merupakan cara yang paling pasti untuk mendorongnya membaca sendiri.

Lakukan bacaan secara teratur pada waktu-waktu yang cocok untuk kedua
belah pihak dan berhentilah sebelum anak Anda kehilangan minat. Sediakan waktu untuk membahas cerita-cerita yang Anda baca dan bicaralah mengenai pengarang dan gambar-gambar di samping ceritanya sendiri. Bagi anak-anak yang sukar diam dengan tenang dan mendengarkan cerita, berilah kertas dan krayon sehingga mereka dapat menyibukkan tangan mereka sementara mendengarkan.

Membaca dalam hati
Secepat mereka mampu, anak-anak sangat menyukai untuk membaca sendiri. Janganlah bersikeras agar mereka membaca keras-keras bersama-sama Anda.

Bantulah menciptakan waktu untuk membaca dengan mengembangkan waktu baca yang rutin, mungkin bila Anda sendiri juga membaca dalam hati. Bagaimanapun, biarkan anak Anda melihat Anda sendiri membaca semata-mata untuk kesenangan. Jika Anda tidak pernah memutuskan untuk membaca, Anda hampir tidak dapat mengeluh bila anak Anda juga demikian.

Batasi waktunya, dengan diselingi aktivitas lain seperti misalnya menonton televisi sehingga mereka tidak menghabiskan waktu luang yang tersedia untuk membaca. Bacalah sendiri beberapa buku dan membahasnya bersama mereka.

Memilih buku untuk anak-anak
Saat anak Anda dapat membaca Anda masih memainkan suatu bagian penting waktu ia memilih buku-buku. Usahakan untuk menemukan hal-hal yang akan menarik perhatiannya secara khusus. Membuat anak tertawa merupakan suatu cara yang baik untuk melibatkan mereka, jadi carilah buku-buku yang menarik rasa humor anak Anda.

Pertimbangkan dengan teliti panjangnya buku dan perbandingan antara kata-kata dan gambar untuk membantu Anda memutuskan apakah tingkatnya sesuai. Tetapi Anda tidak harus berpegang teguh pada satu tingkat tertentu. Janganlah menghalangi mereka membaca buku-buku mudah atau buku favorit lama dan kadang-kadang cobalah sesuatu yang akan menantang pemahamannya.

Mungkin Anda merasa agak kewalahan dengan banyaknya pilihan akan buku-buku anak-anak. Banyak penjual dan pustakawan buku anak-anak dapat memberikan nasihat yang baik dan menganggap hal ini sebagai tugas mereka. Mungkin Anda akan merasakan faedahnya untuk ikut dalam klub buku anak-anak yang akan memberikan kumpulan terbatas untuk dipilih dalam waktu senggang Anda secara teratur. Anda dapat memeroleh nasihat yang baik dari kritikus buku tertentu dalam surat kabar atau majalah. Ada majalah-majalah yang khusus ditujukan untuk buku-buku anak-anak dan panduan ke buku anak-anak yang diterbitkan tiap tahunnya.

Membantu anak memilih buku
Bantulah anak Anda mengembangkan seleranya sendiri dengan memberinya pilihan sebanyak mungkin dan janganlah pilihan itu dikritik.

Jika anak Anda memunyai selera yang tak terpuaskan terhadap suatu tema tertentu, janganlah berusaha menghentikan ia membaca buku-buku itu. Ingatlah bahwa sekurangnya ia sedang menanamkan kebiasaan membaca dan kadang-kadang kita semua menikmati bacaan yang ringan. Tunggu sampai minatnya tampak berkurang dan kemudian cobalah membujuknya dengan sesuatu yang lain.

Bantulah anak Anda belajar bagaimana menilai suatu buku dari melihat sampulnya, membaca catatan sampulnya dan catatan mengenai pengarang, dan dengan membuka-buka halaman dan mulai membacanya.

Membantu menggunakan buku
Mendorong mereka menggunakan buku informasi dan referensi akan sangat berharga. Mereka perlu memahami bagaimana mencari informasi yang mereka inginkan - bagaimana menggunakan daftar isi dan indeks, dan bagaimana cara membaca ensiklopedi dan kamus.

Salah satu cara yang terbaik adalah mencari yang diminati bersama-sama. Meskipun demikian ingatlah bahwa minat anak akan suatu subjek tertentu biasanya harus dibangkitkan dulu, sebelum ia memulai menggunakan buku untuk menemukan lebih banyak informasi. Minat Anda sendiri harus nyata agar kegiatan bersama ini tidak dibuat-buat.

Kunjungan perpustakaan
Tanamkan kebiasaan mengunjungi perpustakaan lokal secara teratur. Memilih dari banyaknya buku-buku yang tersedia, tanpa tekanan harus membelinya, berikan lebih banyak kebebasan bagi anak-anak untuk bereksperimen, sehingga mereka lebih selektif.

Tanyakan kepada pustakawan bagaimana menggunakan sistem katalog.

Bahan bacaan lain
Majalah dan koran juga dapat memuaskan selera membaca dari anak-anak. Bantulah dia menemukan cara membaca koran atau majalah sehingga ia dapat menemukan bagian-bagian yang menarik. Jangan terlalu sering mengecilkan hati anak-anak dalam membaca komik, tetapi benar-benar periksa apa yang dipilih anak Anda.

Ada beberapa buku yang sangat baik yang ditulis dalam bentuk komik. Jika komik merupakan satu-satunya bacaan yang akan dibaca oleh putra Anda, cobalah memperkenalkan beberapa buku komik baik itu kepadanya.

Diambil dan diedit seperlunya dari:

Judul buku : Membantu Putra Anda Belajar Membaca
Penulis : Betty Root M.B.E
Penerjemah : A. Hadyana Pudjaatmaka Ph.D.
Penerbit : Periplus, Jakarta 1995
Halaman : 30 -- 31

Komentar