Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Yohanes Surya, Wimpie Pangkahila, Taliziduhu Ndraha, Paul Gunadi, Jonathan Parapak, Anne Parapak, Charlotte Priatna, Andyda Meliala, Paulus Kurnia, Mangapul Sagala, Heru Kustriadi Wibawa, Julianto Simanjuntak, dan Roswitha Ndraha
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : LK3, Jakarta 2005
Ukuran buku : 15,7 x 24,5 cm
Tebal : 170 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku edisi 74/2011

Buku "Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh" hadir guna membantu Anda "bagaimana menjadi orang tua yang baik dan bertanggung jawab penuh terhadap anak". Buku ini merupakan bunga rampai, kumpulan pembelajaran program "Counseling & Parenting Education (CEP), yang diselenggarakan oleh Layanan Konseling Keluarga dan Karier (LK3) pada tahun 2004-2005. Buku ini ditulis oleh beberapa penulis, yang memiliki pengalaman yang berbeda-beda tentang bagaimana mendidik anak. Pembahasan buku ini juga didasarkan pada ajaran firman Tuhan. Dengan membaca buku ini, diharapkan setiap orang tua tidak hanya sekadar membesarkan anak, tetapi juga menanamkan nilai-nilai pendidikan yang baik, yang nantinya dapat dijadikan bekal si anak untuk hari depannya.

Buku ini dibagi ke dalam dua bagian besar. Bagian pertama, lebih menekankan pada pembahasan mengenai apa yang harus dilakukan orang tua untuk membentuk keluarga tangguh, bagaimana mengajarkan kepada anak-anak mengenai kasih, kebaikan, dan takut akan Tuhan. Pada bagian ini, terdapat 6 artikel menarik dan sangat bermanfaat, yaitu Mendidik Anak Utuh, Menuai Keluarga Tangguh; Menggembalakan Anak; Menjadi Orang Tua yang Baik; Memahami Anak Anda; Mewariskan Nilai Luhur pada Anak; dan Membesarkan Anak dengan Cara Allah. Bagian kedua lebih menekankan tentang pentingnya mendidik anak seutuhnya. Pada bagian ini terdapat 7 artikel yang tidak kalah menarik yaitu Setiap Anak Cerdas; Kecerdasan Majemuk; Memotivasi Anak Gemar Belajar; Atmosfer Keluarga Pembelajar; Mengelola Keuangan Rumah Tangga; Mendidik Anak Menghargai Otoritas; dan Berbicara tentang Seks pada Anak. Semua artikel yang ditulis, didasarkan pada pengajaran iman Kristen.

Jika Anda bingung atau tidak tahu bagaimana caranya membicarakan masalah seks pada anak Anda, ada satu artikel pada buku ini yang membahas masalah tersebut. Wimpie Pangkahila, mencoba membahas masalah tersebut dalam artikelnya yang berjudul "Berbicara tentang Seks pada Anak". Dalam artikelnya, ia menjelaskan keberadaan manusia sebagai makhluk seksual, tahap-tahap perkembangan psikoseksual anak, peran orang tua dalam memberikan bimbingan tentang seksualitas kepada anak-anaknya, serta tip-tip bagaimana menyampaikan pendidikan seks kepada anak. Tulisannya disampaikan dengan lugas, jelas, dan singkat.

Jika saat ini Anda sedang mencari buku bagaimana menjadi orang tua dan mendidik anak sesuai dengan firman Tuhan, buku ini bisa Anda gunakan sebagai referensi.

Peresensi: Yonathan Sigit P.

Komentar