Memilih Buku Berkualitas | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Memilih Buku Berkualitas


Kategori: Kiat-kiat, Umum

Salah membeli buku? Anda pasti tidak ingin mengalaminya, bukan? Memilih buku yang berkualitas memang perlu strategi. Anda ingin tahu bagaimana kiat agar bisa mendapatkan buku yang berkualitas tanpa harus terlalu lama menghabiskan waktu memilih buku–buku yang sangat banyak jenisnya? Berikut ini saya berikan tip-tip bagaimana cara memilih buku yang berkualitas.

1. Kualitas Bahasa
Keteraturan bahasa dan kosakata yang sesuai dengan tingkatan pembaca cukup penting untuk kriteria buku yang berkualitas. Melalui bahasa yang digunakan, kita bisa menangkap kesan yang kuat dari sebuah buku. Kita akan terdorong untuk memilikinya karena kita memahami maksud pengarangnya.

2. Kualitas Penerbit
Mengapa penerbit menjadi salah satu faktor penting? Karena penerbit yang berkualitas pastilah menerbitkan karya-karya tulis yang baik dan berkualitas. Penerbit-penerbit profesional berani menjamin kualitas buku karena mereka mengerjakannya melalui proses-proses seleksi dan sensor yang ketat.

3. Kualitas Pengarang
Reputasi pengarang biasanya menjadi salah satu indikator penting penilaian kualitas sebuah buku. Faktor pendidikan dan atau pengalaman pengarang biasanya merupakan jaminan dari kualitas karya yang dihasilkannya.

4. Kualitas Isi
Kesatuan isi juga menjadi salah satu faktor penting. Pembaca akan merasa memperoleh tambahan ilmu pengetahuan melalui isi yang disajikan. Dengan mengetahui isi yang berbobot, pembaca tidak merasa rugi memiliki buku tersebut walaupun harganya sedikit mahal.

5. Kualitas Cetakan
Penataan halaman yang profesional secara otomatis meningkatkan kualitas isi buku. Dengan demikian, pembaca bisa memiliki kesan yang kuat terhadap buku tersebut dan merasa sejalan dengannya. Kualitas cetakan yang baik juga membuat pembaca tidak merasa menyesal untuk membelinya karena uang yang dikeluarkan sepadan dengan kualitas buku dan ilmu yang diperoleh.

Semoga tip-tip ini bisa Anda gunakan sebagai acuan ketika Anda hendak membeli buku atau menyewa buku di persewaan/perpustakaan.

Di dalam membaca, sebaiknya kita juga selektif dalam memilih buku-buku bacaan karena tidak semua buku bacaan memiliki manfaat. Berikut adalah tip-tip yang bisa dipertimbangkan dalam memilih buku.

1. Sesuaikan buku yang akan kita baca dengan suasana hati.

2. Sesekali, usahakan membaca majalah terbaru untuk memperoleh informasi-informasi hangat yang terjadi di sekitar kita.

3. Baca buku-buku yang dapat memperluas wawasan.

4. Jangan baca buku yang bersifat merusak kepribadian.

5. Baca buku-buku yang bisa membuat kita termotivasi dalam belajar.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Stikom
Alamat URL : http://komprai.blogspot.com
Judul Asli : Tips Untuk Memilih Buku Berkualitas
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Disusun ulang : Sri Setyawati
Tanggal akses : 12 Januari 2011

Terima kasih,

Tip-tips'nya sangat membantu :)

Gbu...

Re: Terima Kasih

Puji Tuhan.

Selamat mencoba, Tatik. :)
Tuhan memberkatimu.

Komentar