Memilih Bahan Bacaan yang Berkualitas | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Memilih Bahan Bacaan yang Berkualitas


Kategori: Kiat-kiat

Ketika melihat-lihat di perpustakaan umum atau toko buku terkenal, Anda mungkin menemukan beberapa judul buku menarik. Anda kemudian mengambil salah satu buku, membacanya sepintas, lalu dengan cepat menilai apakah buku tersebut perlu dimiliki atau tidak. Bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda akan dapat menikmati waktu yang Anda pakai atau malahan Anda akan menyerah sebelum menyelesaikan buku itu? Ini merupakan suatu dilema yang dihadapi oleh setiap pecinta buku, yang memahami betapa berharganya waktu yang dihabiskan untuk menikmati sebuah buku.

Para penggemar buku biasanya menanyakan ke beberapa tempat untuk mendapatkan satu buku yang mereka sukai. Berikut ini beberapa tip menarik yang mungkin dapat Anda gunakan.

  1. Berselancarlah di internet. Berlanggananlah publikasi berkala dari penerbit-penerbit atau berlanggananlah daftar buku online. Banyak majalah elektronik yang menawarkan langganan berbayar atau tidak berbayar, dan menerbitkan judul-judul atau buku terbaru bagi pembaca mereka. Beberapa publikasi terbit 5 hari dalam seminggu, ada juga yang terbit secara bulanan. Anda juga dapat mencari situs-situs yang mengulas buku-buku baru maupun lama. Beberapa situs-situs tersebut juga mencantumkan kredensial pengulasnya, sehingga Anda bisa mengetahui siapa yang memberikan ulasan dan apakah ulasan yang Anda dapatkan tersebut layak untuk mendapat perhatian.
  2. Bacalah majalah-majalah untuk penerbit atau penulis. Banyak iklan yang mempromosikan judul-judul baru atau menawarkan ulasan-ulasan buku cetak. Anda mungkin bisa menemukan judul-judul yang dikategorikan sesuai ragam maupun penulisnya.
  3. Carilah informasi terbaru mengenai penulis favorit Anda. Banyak situs yang mencantumkan daftar karya-karya penulis tersebut yang telah diterbitkan maupun yang akan diterbitkan, termasuk kutipan dari bukunya atau cukilan dari beberapa bab bukunya. Bahkan ada beberapa situs yang membahas alasan para penulis tersebut menulis buku atau bagaimana mereka mengembangkan beberapa tokoh yang mereka buat. Setelah mendapatkan informasi dari situs-situs tersebut, Anda dapat memutuskan apakah Anda akan membeli karya terbaru penulis favorit Anda tersebut atau tidak.
  4. Bergabunglah atau kunjungilah klub-klub buku yang dikhususkan untuk ragam-ragam buku tertentu. Beberapa klub nasional atau internasional menyelenggarakan konferensi, mengelola situs, dan menerbitkan majalah elektronik dengan informasi terbaru tentang ragam dan penulis buku tertentu. Buku-buku fiksi ilmiah, novel-novel percintaan, dan jenis-jenis tulisan lainnya memiliki banyak penggemar yang saling menjalin relasi lewat klub-klub buku tersebut. Ikutilah perkembangan ragam buku favorit Anda melalui klub-klub buku tersebut untuk mendapat informasi tentang judul-judul buku dari ragam buku favorit Anda yang akan diterbitkan.
  5. Perhatikanlah sampul buku bagian depan dan belakang. Bagian depan biasanya menawarkan daya pikat yang terlihat dari gambar-gambar yang menarik, statistik yang memukau, atau pujian dari editor yang mendorong para pembaca untuk mulai membaca. Pada bagian belakang, Anda bisa membaca informasi tentang si penulis, kutipan para pengulas, dan ringkasan isi buku. Kadang-kadang informasi penjualan juga dilampirkan.
  6. Periksalah daftar isi atau sampul bagian dalam. Daftar isi dapat berisi daftar judul bab, kecuali jika bab-bab hanya diberi angka, seperti buku pada umumnya. Buku tersebut mungkin dibagi lagi menjadi beberapa bagian yang lebih besar yang diberi sub-judul untuk memudahkan pembaca menemukan ide tema yang dikembangkan dalam seluruh buku. Beberapa sampul bagian dalam buku biasanya juga menyertakan detail tentang penulis atau ringkasan alur cerita.

Jangan buang-buang waktu dan uang Anda untuk memilih bahan-bahan bacaan secara acak, kecuali jika Anda menyukai kejutan-kejutan. Luangkan waktu beberapa menit untuk menjelajahi situs, tautan-tautan, dan sampul-sampul buku untuk mendapatkan bahan bacaan yang sepadan dengan usaha Anda. (t/Setya)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Essortment
Alamat URL : http://www.essortment.com/hobbies/
Judul artikel : How to choose a good book to read
Penulis : Rose Halas
Tanggal akses : 16 Desember 2010

Komentar