Membaca untuk Taklukkan Globalisasi | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Membaca untuk Taklukkan Globalisasi


Kategori: Artikel

Bagi sebagian orang, membaca adalah kegiatan yang membosankan dan hanya menyita waktu, tenaga dan pikiran. Padahal, banyak manfaat yang didapat dari membaca. Mulai dari menerima informasi, memperdalam pengetahuan, dan meningkatkan kecerdasan. pemahaman terhadap kehidupan pun akan makin tajam karena membaca dapat membuka cakrawala untuk berpikir kritis dan sistematis.

Buku sebagai media penyebarluasan ilmu dapat memembus batas-batas geografis negara, sehingga ilmu pengetahuan dapat dikomunikasikan dan digunakan dengan cepat di berbagai belahan dunia.

Salah satu indikator dalam menentukan kualitas pendidikan suatu negara adalah tinggi-rendahnya minat baca. Ukuran tersebut menentukan kemajuan di bidang pendidikan karena merupakan tolok ukur dalam menentukan tinggi-rendahnya kemampuan membaca. Di era globalisasi yang menciptakan iklim persaingan menuntut kita untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Karena dengan membaca, maka dapat diserap ilmu untuk diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat segera terwujud. (AYA)

sumber:

KOMPAS, Rabu, 1 November 2006 halaman 28

Komentar