Membaca Itu Menyenangkan! | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Membaca Itu Menyenangkan!


Kategori: Kiat-kiat

Membaca merupakan suatu kegiatan untuk memperkaya khazanah keilmuan, tetapi bagi sebagian orang, membaca terkadang menjadi sebuah hal yang membosankan. Namun, apabila kita mengerti teknik membaca yang benar, kegiatan membaca akan menjadi suatu kegiatan yang mengasyikkan, bisa juga menjadi sarana untuk mengisi liburan. Nah, sekarang mari kita simak tip membaca yang menyenangkan berikut ini.

  1. Bahan Bacaan Menarik

  2. Kita harus selektif apabila mencari bahan bacaan. Carilah buku yang menarik. Menarik dalam hal ini bukan berarti sampulnya warna-warni atau banyak gambar yang lucu, tetapi carilah yang sesuai dengan kesukaan atau isi hati kita. Apabila kita melihat suatu bahan bacaan hanya karena ketenarannya, tetapi tidak sesuai dengan isi hati kita, kita akan segera jenuh dan bosan.

  3. Luangkan Sedikit Waktu

  4. Untuk memulai suatu hal yang baik, biasanya berawal dari sebuah keterpaksaan, hal itulah yang harus kita terapkan dalam menjalani kehidupan. Kita sebaiknya meluangkan sedikit waktu untuk membaca. Misalnya, pada pagi hari atau saat bersantai di sore hari. Bila kebiasaan membaca ini kita lakukan terus-menerus, kita akan menjadi orang yang cerdas.

  5. Tempat yang Sesuai

  6. Kegiatan membaca merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan rasa tenang dan tentram, bila kedua hal itu terpenuhi, kita akan lebih cepat meresapi dan mengambil ilmu dari bahan bacaan yang kita baca. Tempat adalah salah satu faktor untuk mewujudkan dua hal itu. Jadi, apabila kita membaca, sebaiknya kita mencari tempat yang senyaman mungkin, seperti di tempat sepi, teras rumah, taman, atau tempat lain yang sesuai.

  7. Waktu yang Tepat

  8. Suatu hal yang tidak kalah penting adalah mengenai waktu membaca. Sebagai seorang pembaca pemula, sebaiknya kita mencari waktu yang tidak bersamaan dengan rutinitas kita, misalnya saat sebelum tidur malam. Dan, setelah itu kita dapat melakukannya terus-menerus.

  9. Ayo! Mulai Membaca

  10. Membiasakan hal yang baik kadang kala sulit untuk dilakukan, begitu juga dengan membaca. Mulailah kebiasaan membaca dengan bahan bacaan yang ringan seperti koran, majalah, ataupun buletin. Hal itu sangat berpengaruh terhadap ketahanan kita dalam membaca bacaan yang berat dan panjang seperti karya-karya ilmiah.

Nah, sekarang, Anda sudah sedikit tahu mengenai tata cara membaca yang menyenangkan, bukan? Sekarang ayo! Kita mulai menjadi generasi muda yang gemar membaca.

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Kompasiana
Alamat URL : http://edukasi.kompasiana.com/
Penulis : Rif’ul Mazid Maulana
Tanggal akses : 22 November 2013

Komentar