Martin Luther | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Martin Luther


Kategori: Biografi, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Martin Luther: Doktor dalam Kitab Suci, Reformator Gereja
Judul asli : Maarten Luther, Doktor der Heilige Schrift, Reformator der Kerk
Penulis/Penyusun : Dr. W.J. Kooiman
Penerjemah : P.S. Naipospos
Editor : --
Penerbit : PT BPK Gunung Mulia, Jakarta 2001
Ukuran buku : 14,5 x 19 cm
Tebal : 227 halaman
ISBN : 979-687-025-8
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku edisi 87/2011

Membaca kisah perjalanan hidup atau biografi seseorang dapat menjadi berkat tersendiri untuk kita. Pengajaran dan sifat-sifat positif tokoh yang kita baca dapat menjadi contoh yang patut kita tiru. Salah satu tokoh yang patut kita pelajari adalah Martin Luther. Tokoh yang terkemuka ini adalah seorang teolog dan reformator gereja yang mendirikan gereja Lutheran, pecahan dari Katolik Roma. Buku ini adalah terjemahan dari sebuah buku yang ditulis oleh penulis Jerman, Dr. W.J. Kooiman. Almarhum adalah seorang mahaguru Sekolah Tinggi Teologi Gereja-Gereja Luther di Belanda yang selama hidupnya mempelajari hidup dan karakter Martin Luther.

Dalam buku ini, penulis membagi penjelasannya ke dalam 26 bab. Beberapa di antaranya adalah masa kanak-kanak Luther, hidupnya sebagai mahasiswa dan rahib, pergumulannya menentang surat penghapusan siksa, pemberontakan terhadap paus, dan pembaruan tata ibadat. Selain itu, Kooiman juga menyajikan soal pemberontakan teman-teman Luther dan para petani, pernikahan dan keadaan rumah tangganya, teologinya, reformasi yang dipeloporinya, dan saat-saat terakhir hidupnya. Tata bahasa yang tersaji dalam buku ini sudah baik dan penjelasannya mudah diikuti. Ciri khusus dari buku ini adalah selain teks, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa gambar, indeks, dan peta Jerman pada masa Luther hidup. Dengan demikian, ketika membaca buku ini pembaca semakin mendalami riwayat Luther dan hal-hal yang terkait dengan pribadinya secara lebih jelas, bahkan menyenangkan.

Buku ini sangat tepat bagi setiap orang yang berminat mengetahui riwayat hidup dan peristiwa-peristiwa historis sang reformator dan sejarawan gereja. Melalui buku ini, pembaca diingatkan kembali untuk mencontoh sifat-sifat Martin Luther yang luhur, seorang Kristen sejati.

Peresensi: Ami Grace Y.

Komentar